Survei Populi: Banyak Orang Ingin Presiden Baru Lanjutkan Program Bansos

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Nabilah Muhamad 27/06/2023 15:50 WIB
Program Jokowi yang Paling Penting untuk Diteruskan Presiden Baru menurut Responden (Juni 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Banyak orang Indonesia berharap presiden baru bisa melanjutkan program bantuan sosial (bansos) dari era pemerintahan Jokowi.

Hal ini terlihat dari laporan hasil survei Populi Center yang bertajuk Masa Depan Pembangunan dan Demokrasi: Menakar Komitmen Capres 2024.

"Ketika masyarakat diminta menilai program apa yang paling penting untuk diteruskan oleh presiden mendatang, program bantuan sosial memperoleh persentase paling tinggi sebesar 33,6%" tulis Populi Center dalam laporannya.

Adapun program lainnya yang diharapkan berlanjut adalah pembangunan infrastruktur dan pemerataan pembangunan dengan proporsi masing-masing sebesar 19,6% dan 4%.

Kemudian bantuan pendidikan menduduki urutan keempat dengan proporsi 3,8%. Diikuti dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai program presiden yang diharapkan berlanjut sebesar 3,1%.

Sementara sebanyak 3,5% responden menjawab program lainnya yang diharapkan berlanjut pada presiden mendatang, yang mencakup pemberantasan korupsi, UMKM, dan lainnya.

Survei ini dilakukan pada 1.200 responden yang tersebar di seluruh Indonesia dan dipilih menggunakan multistage random sampling.

Koleksi data dilakukan pada 5-12 Juni 2023 menggunakan metode wawancara melalui aplikasi survei Populi Center. Survei ini juga punya margin of error sekitar 2,83% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

(Baca juga: Berapa Anggaran Bansos untuk Penduduk Miskin per Tahun?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua