Harga Skuad Timnas Indonesia Dua Kali Lipat Lebih Mahal dari Palestina, Berapa Besarannya?

Olahraga
1
Cindy Mutia Annur 15/06/2023 12:26 WIB
Perbandingan Harga Skuad Timnas Indonesia dan Palestina (15 Juni 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Duel Timnas Indonesia vs Palestina dalam FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada Rabu (14/6/2023) malam berakhir imbang 0-0.

Timnas Indonesia sejatinya cukup banyak menorehkan peluang dalam pertandingan semalam. Namun, skuad Garuda tak bisa mencetak satu pun gol ke gawang Palestina selama 90 menit duel tersebut berlangsung.

Adapun Palestina bukanlah lawan yang mudah bagi Indonesia. Tim Singa Kanaan memiliki kualitas yang lebih baik dari Tim Garuda.

Laporan Federasi Sepak Bola Dunia alias FIFA per 6 April 2023 menunjukkan, ranking FIFA kategori pria alias men’s rankings Palestina menempati peringkat ke-93 dunia. Di sisi lain, Timnas Indonesia masih berada di peringkat ke-149.

Lantas, bagaiamana perbandingan harga skuad Timnas Indonesia dan Palestina?

Menurut data Transfermarkt, skuad Timnas Palestina memiliki harga pasar senilai 3,5 juta euro. Jumlah ini setara Rp56,58 miliar dengan asumsi kurs Rp16.166/euro.

Di sisi lain, Timnas Indonesia memiliki harga pasar sebesar 8,7 juta euro atau sekitar Rp140,64 miliar. Ini artinya, harga skuad Tim Garuda mencapai dua kali lipat lebih mahal dari skuad Palestina.

Tingginya harga skuad Timnas Indonesia dikarena skuad ini diperkuat sejumlah pemain keturunan yang memiliki harga mahal.

Tercatat, pemain termahal Timnas Indonesia adalah Sandy Walsh. Pemain yang berposisi asli sebagai bek kanan itu memiliki nilai pasar sebesar 2 juta euro atau Rp32,33 miliar. Adapun Sandy saat ini tergabung di klub Liga Belgia, KV Mechelen.

Sementara, pemain termahal di skuad Palestina adalah Ataa Jaber. Saat ini ia juga berkarier di klub Liga Azerbaijan, Neftchi Baku dengan nilai pasar sebesar 500 ribu euro atau setara Rp8,08 miliar.

(Baca: Daftar Harga Tiket Indonesia vs Palestina pada FIFA Matchday, Termurah Rp100 Ribu)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua