Apple dan Samsung Dominasi Pasar Tablet Global pada Kuartal I 2023

Teknologi & Telekomunikasi
1
Nabilah Muhamad 08/06/2023 16:30 WIB
Volume Pengiriman Tablet Global (Kuartal I 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Apple dan Samsung mendominasi pasar tablet di seluruh dunia sepanjang kuartal I 2023.

Berdasarkan laporan International Data Corporation (IDC), pada periode tersebut Apple telah mengirimkan 10,8 juta unit tablet ke pasar global.

Jumlah tersebut menjadikan perusahaan besutan Steve Jobs ini sebagai produsen tablet nomor satu dengan pangsa pasar 35,2%.

Kemudian Samsung berada di urutan kedua, dengan pencapaian distribusi 7,1 juta unit tablet ke pasar global dan pangsa pasar 23,1%.

Sementara, Huawei berada di peringkat ketiga dengan volume pengiriman 2 juta unit tablet. Menurut IDC, keberhasilan Huawei didorong oleh strategi perusahaan yang memproduksi tablet layar besar yang kompatibel.

Lenovo berada di posisi keempat, dengan penurunan jumlah pengiriman tablet dari 2,2 juta unit pada kuartal I 2022, menjadi 1,9 juta unit pada kuartal I 2023. Hal tersebut dipengaruhi oleh menurunnya permintaan pasar.

Di posisi kelima ada Amazon dengan pengiriman tablet global sebanyak 1,4 juta unit. Padahal, kuartal I tahun lalu mereka mampu mendistribusikan 3,7 unit tablet.

"Pengiriman tablet Amazon jadi posisi terendah di kuartal I 2023 sejak pandemi. Penurunan ini dipengaruhi tren musiman, inventaris yang menumpuk, dan permintaan pasar yang rendah," tulis IDC dalam laporannya.

(Baca Juga: Meski Menurun pada Kuartal I 2023, Samsung Tetap Merajai Pangsa Pasar Smartphone Dunia)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua