Jawa Barat, Provinsi dengan Korban PHK Terbanyak Kuartal I 2023

Ketenagakerjaan
1
Adi Ahdiat 26/05/2023 15:14 WIB
Jumlah Karyawan yang Terkena PHK di Indonesia Berdasarkan Provinsi (Kuartal I 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), sepanjang kuartal I 2023 ada 13.634 karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) di Indonesia.

Korban PHK paling banyak tercatat di Jawa Barat, dengan jumlah karyawan yang dipecat mencapai 5.603 orang. Di urutan berikutnya ada Jawa Tengah dengan jumlah korban PHK 4.887 orang, dan Banten 2.342 orang.

Adapun pada kuartal I 2023 korban PHK hanya tercatat di 12 provinsi, sementara catatan dari 22 provinsi lainnya nihil seperti terlihat pada grafik di atas.

(Baca: Jawa Barat, Provinsi dengan Kasus PHK Terbanyak pada 2022)

Kendati demikian, data ini mungkin belum mencerminkan keseluruhan kasus PHK di Indonesia.

Pasalnya, Kemnaker hanya mencatat PHK yang dilaporkan perusahaan melalui Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan dan/atau Pengadilan Hubungan Industrial.

Angka PHK riil di Indonesia saat ini diperkirakan lebih tinggi dari data Kemnaker, lantaran ada sejumlah perusahaan yang sudah melakukan pemecatan, namun belum sepenuhnya dilaporkan.

Salah satu contohnya adalah PT Panarub Industry, pabrik produsen sepatu Adidas di Tangerang.

"Peristiwa PHK di Panarub itu memang sudah direncanakan dari setahun sebelumnya. Totalnya sebanyak 2 ribu pegawai (di-PHK) secara bertahap dimulai pada awal Januari 2023 kemarin," kata Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan, disiarkan Beritasatu.com, Rabu (24/5/2023).

"Sampai saat ini dari tahapan (PHK) yang mereka laporkan sebanyak 1.214 (karyawan) yang masuk ke kita, itu dari laporan yang disampaikan pihak Panarub," kata Ujang.

(Baca: Meski Nilai Ekspornya Naik, 3 Sektor Industri Ini Terancam PHK Massal)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua