Konser Coldplay Laris, Ini Profil Konsumen Pertunjukan Musik di Indonesia

Demografi
1
Adi Ahdiat 23/05/2023 14:50 WIB
Persentase Responden yang Menonton Pertunjukan Musik Berdasarkan Kelompok Pengeluaran (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Coldplay akan menggelar konser Music of The Spheres World Tour di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 15 November 2023.

Penjualan tiketnya dibuka pada Jumat, 19 Mei 2023. Namun, hanya dalam jangka waktu tiga jam, tiketnya sudah ludes terjual. Padahal, harga tiket Coldplay dibanderol dengan harga cukup tinggi, yakni di kisaran Rp800 ribu sampai Rp11 juta belum termasuk pajak.

"Semua tiket untuk Coldplay Music of The Spheres World Tour Jakarta secara resmi terjual habis," demikian tertulis di laman resmi penjualan tiket coldplayinjakarta.com (19/5/2023).

Adapun menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pasar utama konser atau pertunjukan musik di Indonesia adalah kelompok masyarakat berpengeluaran teratas.

Saat BPS melakukan survei pada 2021, responden dari kelompok 20% masyarakat berpengeluaran teratas yang menonton konser dalam tiga bulan terakhir proporsinya mencapai 52,43%.

Sementara, 40% masyarakat pengeluaran menengah dan 40% masyarakat pengeluaran terbawah yang menikmati pertunjukan musik proporsinya lebih sedikit, seperti terlihat pada grafik di atas.

BPS juga mencatat, konsumen pertunjukan musik dari kelompok lulusan perguruan tinggi mencapai 54,93%, lebih banyak ketimbang lulusan SMA (53,09%), lulusan SMP (51,23%), maupun lulusan SD (45,86%).

Dari segi usia, mayoritasnya berasal dari kelompok usia 16-30 tahun dengan proporsi 56,18%. Sedangkan kelompok usia 45-59 tahun proporsinya 44,11%, dan usia 60 tahun ke atas hanya 33,55%.

(Baca: Ini Estimasi Harga Bersih Tiket Coldplay Setelah Dikenakan Pajak)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua