Bakal Konser di Indonesia, Bagaimana Jangkauan "Playlist" Lagu Coldplay di Spotify?

Media
1
Erlina F. Santika 10/05/2023 08:00 WIB
Tren Jangkauan Daftar Putar/Playlist Reach Lagu Coldplay (April-Mei 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Coldplay, grup band dari Inggris bakal manggung di Jakarta pada 15 November 2023 nanti di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Ini menjadi penampilan perdana Coldplay di Indonesia.

Konser itu masuk dalam tur Music of the Spheres World Tour di Asia dan Australia. Selain Jakarta, konser bakal digelar di Tokyo, Kaohsiung, Perth, dan Kuala Lumpur.

Kabar ini adalah penantian panjang dari penggemar Coldplay di Indonesia. Pengumuman konser band beranggota 5 orang ini trending di media sosial.

Di samping kabar besar itu, bagaimana sebenarnya putaran lagu-lagu Coldplay di Spotify?

Songstats mencatat jangkauan daftar putar lagu Coldplay atau playlist reach.

Playlist reach adalah jumlah total pengikut dari semua daftar putar yang menampilkan lagu dari artis yang bersangkutan.

Misalnya, jika seorang artis ditambahkan ke 10 playlist, dan setiap playlist memiliki 100.000 followers atau pendengar, maka total jangkauan daftar putar adalah 1 juta.

Selama sebulan, jangkauan daftar putar lagu-lagu Coldplay memang fulktuatif. Namun, jangkauannya selalu tembus lebih dari 400 juta jangkauan.

Pada 9 April 2023, jangkauannya mencapai 505,42 juta. Sehari setelahnya, meningkat hingga 509 juta. Sayangnya, hari-hari setelahnya jangkauannya turun, bahkan sempat tembus terendah hingga 494,9 juta pada 6 Mei 2023.

Pada statistik terakhir yang diambil, 9 Mei 2023, jangkauannya cukup meningkat, yakni 500,16 juta. Ini jangkauan yang cukup besar selama lima hari terakhir.

Satu sisi, ukuran jangkauan playlist memang terlalu luas. Tingginya pendengar bisa diukur per lagu dari musisi yang bersangkutan.

Untuk Coldplay, lagu yang banyak diputar adalah "Something Just Like This" kolaborasi dengan The Chainsmoker, yang tembus 2,12 miliar putaran. Ada pula "Yellow" yang telah diputar 1,61 miliar putaran dan "Viva La Vida" sebanyak 1,46 miliar putaran.

Coldplay sendiri memiliki 63,9 juta pendengar per bulan. Pengikutnya di Spotify mencapai 43,8 juta pengikut.

Songstats menyebut popularitas Coldplay mencapai 88% dan bertengger di peringkat 16 secara global.

Playlist lagunya mencapai 67 ribu dengan total jangkauan 1 miliar.

(Baca juga: Coldplay Hingga Ed Sheeran, Ini 10 Tur Konser Terlaris Dunia Sepanjang Masa)

Data Populer
Lihat Semua