Kualitas Rasa Jadi Faktor Utama Konsumen dalam Memilih Merek Kue Kaleng Ramadan

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 12/04/2023 14:58 WIB
Ragam Faktor Konsumen dalam Memilih Merek Kue Kaleng di Saat Ramadan (Maret 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Momentum Ramadan dan Idulfitri biasanya identik dengan tingginya minat konsumen untuk mengonsumsi kue kaleng. Saat ini ada beragam merek kue kaleng yang dijual di tanah air.

Maka dari itu, pemilihan merek kue kaleng yang tepat menjadi hal penting bagi konsumen agar sesuai dengan selera, aksesbilitas, harga, dan sejumlah faktor lainnya.

Berdasarkan survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC), mayoritas konsumen Indonesia memilih merek kue kaleng yang rasanya lebih enak dibandingkan merek lain. Persentasenya mencapai 71,2%.

Kemudahan menemukan merek di pusat perbelanjaan juga menjadi faktor pemilihan merek kue kaleng menurut konsumen Indonesia, yakni sebanyak 69%.

Selanjutnya, ada 64,7% responden memilih merek kue kaleng karena harganya terjangkau. Kemudian, sebanyak 54,3% responden memilih merek kue kaleng karena memiliki varian rasa yang beragam.

Ada pula responden yang memilih kue kaleng karena banyak dikonsumsi orang lain (36,8%) dan mendapatkan ulasan yang baik dari konsumen lain (22,6%).

Di sisi lain, konsumen yang memilih merek kue kaleng karena memiliki banyak promo, lebih sedikit dibandingkan faktor lainnya (21,8%). Sisanya, merupakan responden yang mengatakan faktor lainnya (4,6%).

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa mayoritas konsumen Indonesia biasa mengonsumsi kue kaleng dengan merek Khong Guan saat Ramadan dengan proporsi 55,2%.  Lalu, diikuti konsumsi kue kaleng merek Tango dan Good Time masing-masing 43,6% dan 40,2%.

Survei ini dilakukan terhadap 731 responden yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan proporsi responden laki-laki 58% dan perempuan 42%.

Lebih dari separuh responden berada di Pulau Jawa selain Jakarta (63,9%), kemudian di Jakarta (13,7%), dan Sumatra (10,9%). Proporsi responden yang berasal dari Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Maluku-Papua di rentang 0,4%-4,5%.

Sebagian besar responden berusia antara 35-44 tahun (33,5%), diikuti kelompok 25-34 tahun (31,1%) dan kelompok 45-54 tahun (19%).

Survei dilakukan pada 31 Maret-8 April 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 3,62% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Daftar Merek Kue Kaleng Terpopuler di Indonesia, Khong Guan Juara)

Data Populer
Lihat Semua