Mau Kuliah di Kedokteran UGM pada 2023? Ini Besaran Uang Kuliah Tunggalnya!

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Erlina F. Santika 04/04/2023 15:55 WIB
Biaya UKT Pendidikan Unggul dan Bersubsidi Prodi Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan UGM (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Program studi (prodi) Kedokteran menjadi salah satu prodi paling favorit di kampus ternama Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, peminat seleksi tes di prodi Kedokteran UGM tembus 3.802 pendaftar pada 2021 lalu. Capaian itu membuat Kedokteran sebagai prodi dengan peminat paling tinggi di UGM.

Prodi lain yang masih serumpun, Kedokteran Gigi, mencapai 1.164 pendaftar pada 2021. Lalu, Kedokteran Hewan tembus 998 orang di periode yang sama.

Lantas, berapa besar biaya kuliah di tiga prodi favorit ini?

Dari laman UGM, kampus ini menerapkan uang kuliah tunggal (UKT) pendidikan unggul untuk tahun ajaran 2023-2024. Mahasiswa baru akan membayar kuliah sesuai dengan kemampuan ekonominya.

Skemanya, akan ada UKT pendidikan unggul tanpa subsidi dan bersubsidi. Untuk yang bersubsidi, besaran subsidinya variatif, yakni 25%, 50%, 75%, hingga 100%.

Untuk mendapatkan uang kuliah yang tepat, mahasiswa baru nantinya diminta untuk mengunggah bukti pendapatan orang tua dan administrasi penunjang. Selanjutnya, pihak kampus yang akan menyeleksi dan menetapkan besaran UKT secara adil.

UKT pendidikan unggul Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Kedokteran Hewan yang tanpa subsidi dikenakan Rp24,7 juta.

Sementara UKT pendidikan unggul bersubsidi dikenakan Rp18,52 juta. UKT bersubsidi 50% dikenakan Rp12,35 juta.

Selanjutnya, UKT bersubsidi 75% dikenakan Rp6,17 juta. UKT bersubsidi 100% dikenakan Rp0. Uang ini dibayarkan pada awal pendaftaran atau memasuki semester baru.

(Baca juga: Kemenkes Tambah Kuota Beasiswa Kedokteran pada 2023, Ini Rinciannya)

Namun, UGM memberi catatan bagi calon mahasiswa yang diterima melalui jalur ujian masuk-computer based test (UM-CBT) UGM pada tahun akademik 2023/2024. Bagi yang ditetapkan UKT pendidikan unggul atau memiliki kemampuan ekonomi baik, dikenakan Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU).

Adapun besaran sumbangan itu Rp30 juta untuk bidang ilmu sains, teknologi, dan kesehatan. Sedangkan untuk bidang ilmu sosial dan humaniora dikenakan sebesar Rp20 juta.

Saat ini, pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) masih berlangsung dan akan ditutup pada 14 April 2023 mendatang.

Pada tahun ajaran ini, Kedokteran UGM menyediakan 54 kursi untuk calon mahasiswa baru. Sementara Kedokteran Gigi memiliki daya tampung 45 kursi dan Kedokteran Hewan sebesar 60 kursi.

(Baca juga: Ini Program Studi UGM dengan Daya Tampung Terbanyak di SNBT 2023)

Data Populer
Lihat Semua