Kemenkes Tambah Kuota Beasiswa Kedokteran pada 2023, Ini Rinciannya

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Cindy Mutia Annur 12/12/2022 14:55 WIB
Jumlah Kuota Program Studi/Prodi Beasiswa Kedokteran pada 2023
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menambahkan kuota beasiswa kedokteran dan fellowship sebanyak 82 program studi (prodi) pada 2023. Jumlah ini bertambah dari sebelumnya 47 prodi.

Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan, Arianti Anaya mengatakan, penambahan kuota beasiswa dan fellowship tersebut bertujuan untuk memenuhi dan memeratakan layanan dokter spesialis, seperti kanker, jantung, stroke, uro-nefrologi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

Para dokter spesialis tersebut, kata Arianti,  untuk melayani semua fasilitas kesehatan milik pemerintah, terutama di wilayah Indonesia Timur, serta daerah terpencil, tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK).

 “Jika sebelumnya kami hanya menyediakan kuota beasiswa untuk 47 prodi dokter spesialis dan sub-spesialis, pada 2023 ditambah 82 prodi, termasuk di dalamnya ada fellowship dan dokter spesialis layanan primer,” ujar Arianti dikutip dari laman SehatNegeriku, Sabtu (10/12).

Secara rinci, penambahan kuota beasiswa dan fellowship sebanyak 82 prodi tersebut terdiri atas 51 prodi untuk dokter spesialis dan sub-spesialis, 29 fellowship dan 2 dokter spesialis kedokteran layanan primer.

Menurut Arianti, penambahan tersebut telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Kementerian juga telah meminta kepada dinas kesehatan di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota, serta Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), untuk mengencarkan sosialisasi dan edukasi mengenai rekrutmen tersebut.

Penambahan kuota beasiswa dan fellowship ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/F/2812/2022 tentang Rekrutmen Program Bantuan Pendidikan Kedokteran dan Fellowship Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2023.

Adapun, pendaftaran beasiswa kedokteran telah dibuka sejak 9 Desember hingga 23 Desember 2022 mendatang. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat diakses melalui portal https://bandikdok.kemkes.go.id atau email di [email protected].

(Baca: Ada 43.558 Dokter Spesialis di Rumah Sakit pada 2021, Terbanyak Spesialis Dasar)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua