MOBA Jadi Genre Mobile Game Paling Disukai di Indonesia

Media
1
Cindy Mutia Annur 14/03/2023 13:16 WIB
Genre Mobile Game Paling Disukai di Indonesia (Agustus 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Industri mobile game terus berkembang, baik dari segi jumlah konsumen maupun varian produknya.

Berdasarkan hasil survei digital dari Telkomsel, tSurvey.id, Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) merupakan genre mobile game yang paling disukai di Indonesia dengan persentase 65%. MOBA adalah sebuah permainan multipemain daring yang bertema pertarungan di dalam arena.

Genre mobile game yang paling disukai konsumen Indonesia berikutnya adalah battle royale dengan persentase 31%, diikuti action/adventure 16%.

"MOBA, battle royale, dan action/adventure menjadi genre mobile game paling favorit di Indonesia," demikian dikutip dari laporan tSurvey.id, Selasa (14/3/2023).

Sisanya, mobile game dengan genre board, sports, arcade, strategy, puzzle, role playing game (RPG), racing, shooting deathmatch, match, dan simulation memiliki persentase yang lebih kecil dibandingkan ketiga genre mobile game di atas, seperti terlihat pada grafik.

Adapun genre MOBA dan battle royale menjadi jenis permainan terfavorit di kelompok usia gen Z, milenial, dan gen X.

Survei ini dilakukan terhadap 2.000 responden di Indonesia melalui fitur audience profiler dari tSurvey.id, sebanyak 1.000 responden di antaranya berasal dari Kota Metro/Kota Tier 1, dan sisanya dari Non-Metro. 

Mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki dengan proporsi hampir 75%. Lebih dari separuh responden berusia kurang dari 35 tahun (60%) dengan 2 dari 3 responden berstatus belum menikah.

Kebanyakan responden berstatus pelajar, mahasiswa, serta orang dewasa yang bekerja (86%), dengan socio-economic status (SES) kelas menengah ke atas (73%).

(Baca: Sempat Jatuh Saat Pandemi Covid-19, Pendapatan Industri Hiburan & Media Dunia Ditaksir Terus Meroket)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua