10 Provinsi Paling Sering Hujan pada 2022

Demografi
1
Adi Ahdiat 02/03/2023 16:50 WIB
10 Provinsi dengan Jumlah Hari Hujan Terbanyak dalam Setahun (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Sulawesi Utara memiliki 256 hari hujan sepanjang 2022.

Hal itu menjadikan Sulawesi Utara sebagai provinsi yang paling sering hujan di Indonesia.

Provinsi lain yang sering hujan adalah Maluku, Kalimantan Tengah, Jawa Barat, Maluku Utara, Kep. Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan dengan rincian seperti terlihat pada grafik.

Kendati bermanfaat untuk pertanian, frekuensi hujan yang tinggi juga berisiko menimbulkan bencana hidrometeorologis basah, seperti banjir dan tanah longsor.

Sulawesi Utara, misalnya. Provinsi dengan hari hujan terbanyak itu baru saja mengalami bencana pada awal 2023.

"Guyuran hujan lebat yang terjadi di wilayah Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, mengakibatkan debit air Sungai Tondano meluap," kata Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam siaran persnya, Jumat (27/1/2023).

"Banjir di beberapa titik tidak dapat dihindari sehingga puluhan rumah terendam dengan tinggi muka air 80 hingga 300 cm," lanjutnya.

BNPB mencatat, banjir awal tahun tersebut merendam lima kecamatan di Sulawesi Utara. Sementara itu, tanah longsor melanda enam wilayah kecamatan.

"Menghadapi bahaya hidrometeorologi basah, pemerintah daerah dan warga diharapkan tetap waspada dan siap siaga, mengingat secara umum kita masih berada pada periode puncak musim hujan," kata BNPB.

(Baca: Riwayat Banjir Jakarta 5 Tahun Terakhir, Membaik atau Memburuk?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua