Selain Kenyamanan, Ini Ragam Pertimbangan Konsumen Indonesia Saat Memilih Sneakers

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 28/02/2023 14:09 WIB
Faktor Pertimbangan Konsumen Indonesia dalam Memilih Sneakers (Februari 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Ada beragam jenis dan merek sneakers yang dijual di tanah air. Sepatu yang dirancang untuk olahraga ini telah diproduksi oleh industri lokal hingga luar negeri.

Faktor kenyamanan merupakan hal yang utama bagi konsumen Indonesia dalam memilih sneakers. Hal ini berdasarkan temuan dari survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC).

Sebanyak 81,7% responden memilih sneakers karena kenyamanan menggunakannya. Faktor lainnya yakni 68,4% responden mengatakan desain dan warna sepatu yang menarik menjadi pertimbangan memilih sneakers.

Ada pula 63,9% responden memilih sneakers karena kecocokan harga. Lalu, diikuti oleh faktor daya tahan sneakers (57,1%), reputasi brand (38,1%), dan sedang ada promo diskon (37,1%).

Di sisi lain, responden yang memilh sneakers karena memiliki keluaran terbatas hanya sebagian kecil (1,5%). Sisanya, ada responden yang mengatakan faktor pertimbangan lainnya (1,5%).

Merek sneakers favorit

Survei tersebut juga menunjukkan, Adidas merupakan merek sneakers yang paling banyak disukai oleh masyarakat Indonesia dibandingkan merek lainnya. Sebanyak 62,4% responden mengaku paling menyukai merek sneakers Adidas.

Lalu, posisi kedua diduduki oleh Nike dengan persentase responden yang menyukai merek ini sebanyak 61,9%. Kemudian, Converse menempati peringkat ketiga dengan responden yang menyukai merek sneakers ini sebanyak 45,1%.

Kurious-KIC mensurvei 399 responden yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan proporsi responden laki-laki 49,2% dan perempuan 50,8%.

Lebih dari separuh responden berada di Pulau Jawa selain Jakarta (64%), kemudian di Jakarta (15,4%), dan Sumatera (10,9%). Responden yang berasal dari Sulawesi, Kalimantan, Bali-Nusa Tenggara, dan Maluku-Papua di rentang 0,5% - 3,6%.

Sebagian besar responden berusia antara 35-44 tahun (31,7%), diikuti kelompok 25-34 tahun (29,6%) dan kelompok 45-54 tahun (22,2%).

Adapun survei dilakukan pada 14–22 Februari 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 4,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Deretan Merek Sneakers Paling Disukai Masyarakat Indonesia, Adidas Juaranya!)

Data Populer
Lihat Semua