Indonesia masuk dalam daftar negara dengan konsumsi kopi terbesar di dunia. Ini sesuai dengan data yang disampaikan International Coffee Organization (ICO), bahwa konsumsi kopi Indonesia mencapai 4,6 juta kemasan 60 kg/lb (60 kg) pada periode 2016-2017.
Data itu sekaligus menunjukkan bahwa Indonesia berada di urutan ke-6 negara dengan konsumsi kopi terbesar di dunia setelah Rusia.
Salah satu cara instan untuk mengonsumsi kopi adalah dengan kopi kemasan atau sachet. Lantas, kopi kemasan apa yang paling banyak dikonsumsi masyarakat?
Survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan, Kapal Api menjadi kopi kemasan yang paling sering dikonsumsi, selama setahun terakhir, yakni sebanyak 66,2% dari total responden.
Kedua, Good Day dengan persentase 58,8%. Ketiga, Kopi ABC dengan torehan 47,9%.
Dari 19 merek kopi kemasan yang ditunjukkan, merek yang paling sedikit dikonsumsi adalah JJ Royal dan Cafe21 dengan proporsi masing-masing 1,5%.
"Selain menjadi salah satu yang paling banyak diketahui, nyatanya Kapal Api menjadi produk kopi sachet yang dikonsumsi oleh mayoritas responden dalam satu tahun terakhir," tulis Kurious dalam laporannya.
Survei top brand kopi kemasan ini melibatkan 458 responden, yang dilakukan pada 27 Januari-4 Februari 2023.
Data dikoleksi dengan metode CAWI atau wawancara daring dengan margin error 3,84% dan tingkat kepercayaan mencapai 95%.
Berikut sederet kopi kemasan dan persentase konsumsinya:
- Kapal Api 66,2% dari total responden
- Good Day 58,8%
- Kopi ABC 47,9%
- Luwak White K0ffie 47,5%
- Indocafe 38,5%
- Torabika 38,3%
- Nescafe 34,2%
- TOP 30,1%
- Gadjah 17,4%
- Neo Coffee 16,1%
- Fresco 14,8%
- Caffino 12,6%
- Excelso 5,2%
- Lokalate 5%
- Starbucks sachet 3,7%
- OldTown 3,3%
- Esprecielo 2%
- Lainnya 1,7%
- JJ Royal 1,5%
- Cafe21 1,5%
(Baca juga: Konsumsi Kopi Domestik di Indonesia Terus Meningkat selama 5 Tahun Terakhir)