Facebook merupakan media sosial yang paling banyak memiliki jumlah pengguna aktif dibandingkan dengan platform lainnya. Meskipun demikian, popularitas Facebook tak dapat menyaingi TikTok dalam hal durasi waktu yang dihabiskan penggunanya.
Temuan dari laporan We Are Social dan Hootsuite menunjukkan, pengguna media sosial global di Android paling sering menghabiskan waktu di TikTok ketimbang Facebook sepanjang 2022.
Hasilnya, pengguna internet global menghabiskan rata-rata waktu sebanyak 23,5 jam per bulan untuk menggunakan TikTok. Durasi waktu ini paling besar atau sering di antara platform media sosial lainnya.
Di peringkat kedua, ada YouTube dengan rata-rata waktu yang dihabiskan penggunanya sebanyak 23,1 jam per bulan. Di peringkat ketiga, baru ada Facebook dengan rata-rata waktu yang dihabiskan selama 19,7 jam per bulan.
Berikut 10 platform media sosial dengan durasi terlama penggunaannya dalam sebulan:
- TikTok: 23,5 jam per bulan
- YouTube: 23,1 jam per bulan
- Facebook: 19,7 jam per bulan
- WhatsApp: 17,3 jam per bulan
- Instagram: 12 jam per bulan
- Line: 11 jam per bulan
- Twitter: 5,5 jam per bulan
- Telegram: 4 jam per bulan
- Snapchat: 3,2 jam per bulan
- FB Messenger: 3,1 jam per bulan
Adapun hingga Januari 2023, Facebook telah memiliki 2,95 miliar pengguna aktif di seluruh dunia alias paling banyak di antara platform media sosial lainnya. Di sisi lain, TikTok menempati peringkat keenam dengan 1,05 miliar pengguna aktif.
(Baca: Facebook hingga Twitter, Ini Deretan Media Sosial Terpopuler Dunia di Awal 2023)