Survei: Sinyal Seluler Telkomsel Paling Luas di Lingkungan Rumah Penduduk Indonesia

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 08/02/2023 17:08 WIB
Provider dengan Ketersediaan Sinyal Seluler di Sekitar Lokasi Rumah Indonesia (Agustus-September 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan laporan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Katadata Insight Center (KIC), 85% masyarakat Indonesia mengakses internet melalui kuota handphone, sehingga mereka bisa mengakses internet di mana saja. Terkait hal ini, 94% responden mengatakan bahwa mereka mendapatkan sinyal seluler di sekitaran rumah.

Menurut survei tersebut, Telkomsel merupakan provider dengan ketersediaan sinyal seluler yang paling luas di lingkungan rumah Indonesia. Sebanyak 84% responden mengatakan provider tersebut tersedia di sekitar rumah mereka.

Indosat menempati peringkat kedua sebagai provider dengan ketersediaan sinyal seluler di lingkungan rumah mencapai 53%. Lalu, posisinya diikuti oleh XL dengan ketersediaan sinyal seluler di sekitar lokasi rumah sebanyak 47%.

Smartfren menempati posisi selanjutnya dengan ketersediaan sinyal seluler di sekitar lokasi rumah sebanyak 26%. Disusul oleh Tri dan Axis dengan ketersediaan sinyal seluler di lingkungan rumah masing-masing 8% dan 6%.

Kemenkominfo dan KIC melakukan survei ini terhadap 10.000 pengguna internet berusia 13-70 tahun yang tersebar di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota.

Survei dilakukan selama periode Agustus-September 2022 melalui wawancara tatap muka. Pengambilan sampel menggunakan metode multistage random sampling, dengan toleransi kesalahan sekitar 0,98% dan interval kepercayaan 95%.

Responden memiliki beragam latar belakang dari ibu rumah tangga, wiraswasta, pekerja, pelajar, petani, dan lain-lainnya. Laporan lengkapnya dapat dilihat dan diunduh di tautan ini.

(Baca: Telkomsel, Operator dengan Internet Tercepat Indonesia Akhir 2022)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua