10 Kabupaten/Kota dengan Positivity Rate Tujuh Hari Terakhir Tertinggi Nasional (Minggu, 29 Januari 2023)

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Agus Dwi Darmawan 01/02/2023 04:18 WIB
Kabupaten/Kota Terpilih dengan Positivity Rate Tujuh Hari Terakhir Tertinggi
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat, terdapat 123 kabupaten/kota dengan positivity rate tujuh hari terakhir di atas rata-rata nasional yang saat ini tercatat 1,43 persen data per Minggu, 29 Januari 2023.

(Baca: Tracing Aglomerasi Mingguan di Jepara Menjadi yang Tertinggi di Jawa Tengah (Sabtu, 28 Januari 2023))

positivity rate tujuh hari terakhir lima kabupaten/kota teratas dengan angka lebih dari 25 persen, yaitu Gayo Lues, Manokwari Selatan, Halmahera Timur, Lamandau dan Fak Fak dengan masing-masing nilai 57,14 persen, 50 persen, 40 persen, 25 persen dan 25 persen.

Rekapitulasi data Covid nasional dari Kementerian Kesehatan memperlihatkan, positivity rate tujuh hari terakhir sebagian besar kabupaten/kota di luar pulau Jawa terjadi peningkatan. Kondisi positivity rate tujuh hari terakhir harian dengan angka lebih tinggi dari sebelumnya tercatat di 74 kabupaten/kota dan 31 kabupaten/kota mencatatkan positivity rate tujuh hari terakhir lebih rendah.

(Baca: Pertumbuhan Omicron Mingguan, Tertinggi di Negara Cina (RRC - Tiongkok) (Selasa, 31 Januari 2023))

Wilayah di luar Jawa dengan nilai positivity rate tujuh hari terakhir tertinggi beberapa di antaranya adalah Gayo Lues, Manokwari Selatan dan Halmahera Timur dengan masing-masing positivity rate tujuh hari terakhir yakni 57,14 persen, 50 persen dan 40 persen.

Meski penularan Covid-19 di sebagian wilayah telah turun, pemerintah mengimbau agar semua orang ikut mengurangi transmisi Covid-19 dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Tak berkerumun dan mengurangi mobilitas turut berkontribusi menekan laju penularan virus corona.

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.