Ini Provinsi dengan Infrastruktur dan Ekosistem Digital Terbaik 2022

Teknologi & Telekomunikasi
1
Adi Ahdiat 26/01/2023 17:00 WIB
Indeks Infrastruktur dan Ekosistem Digital di 34 Provinsi Indonesia (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut Indeks Masyarakat Digital dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), DKI Jakarta merupakan provinsi dengan infrastruktur dan ekosistem digital terbaik nasional pada 2022.

Kementerian Kominfo mengukur kekuatan masyarakat digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota melalui metode survei dan pengumpulan data sekunder.

Untuk menilai pilar infrastruktur dan ekosistem digital, indikator yang digunakan adalah tingkat akses dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), adopsi TIK di sektor bisnis, jumlah sekolah dengan akses internet, serta jumlah fakultas perguruan tinggi bidang TIK.

"Pilar ini adalah kunci, karena menjadi landasan dalam menciptakan ekosistem digital yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan kemampuan beradaptasi dalam memenuhi permintaan industri di era digital," kata Kementerian Kominfo dalam laporannya.

Dari agregat seluruh data primer dan sekunder yang dikumpulkan Kominfo, DKI Jakarta mendapat skor 54,5 dalam hal infrastruktur dan ekosistem digital.

Meskipun tertinggi nasional, skor tersebut masih tergolong rendah karena penilaiannya menggunakan skala 0-100. Hal ini mengindikasikan bahwa adopsi teknologi digital di sektor pendidikan dan bisnis Ibu Kota masih belum merata.

Adapun Papua menjadi provinsi dengan skor infrastruktur dan ekosistem digital terendah pada 2022.

Hal itu relevan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS), yang menyatakan sampai 2021 proporsi pelajar di Papua yang mengakses internet baru sekitar 41%, sedangkan 59% pelajar lainnya belum terkoneksi dan belum bisa mengambil manfaat dari perkembangan teknologi digital.

(Baca: Sampai 2021, Hanya 41% Pelajar di Papua yang Mengakses Internet)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua