Sambut Tahun Baru Imlek, Ini Produk yang Banyak Dibeli Konsumen

Produk Konsumen
1
Adi Ahdiat 20/01/2023 10:40 WIB
Produk Barang/Jasa yang Dibeli Konsumen Asia Tenggara untuk Merayakan Imlek (Januari 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Imlek adalah perayaan pergantian tahun kalender lunar, yakni sistem penanggalan yang didasarkan pada peredaran bulan. Adapun Imlek tahun ini jatuh pada hari Minggu (22/1/2023).

Tahun Baru Imlek biasa dirayakan oleh masyarakat etnis Tionghoa dengan berkumpul dan makan-makan bersama keluarga dan teman.

Adapun menurut survei Milieu Insight, responden masyarakat Tionghoa di Asia Tenggara sudah merencanakan belanja untuk perayaan Imlek sejak Desember 2022.

Untuk kategori produk makanan, mayoritas responden akan membeli buah dan sayuran (63%), makanan ringan seperti biskuit, permen, dan cokelat (50%), serta minuman non-alkohol (44%).

Kemudian untuk produk jasa, sebagian besar responden berniat menyambut Imlek dengan potong rambut (73%) serta perawatan wajah atau facial (50%).

Ada cukup banyak juga yang berencana merayakan Imlek dengan wisata domestik atau staycation (43%), menonton film di bioskop (42%), dan membeli layanan streaming film (32%).

"Sebanyak 54% responden memperkirakan pengeluaran mereka untuk perayaan Imlek tahun ini akan lebih besar. Meski ada inflasi, rencana belanja konsumen pada Imlek 2023 cenderung sama atau meningkat dibanding tahun lalu," kata Milieu Insight dalam laporan Chinese New Year 2023, Spending Patterns Across Southeast Asia yang dirilis Jumat (6/1/2023).

Survei Milieu ini melibatkan 5.000 responden yang tersebar di Singapura, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Filipina. Survei dilakukan secara online pada Desember 2022.

(Baca: Mitra Dagang RI Diprediksi Melemah pada 2023, Kecuali Tiongkok)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua