Kementerian PUPR Siapkan Sejumlah Ruas Tol Dukung Lalu Lintas Nataru, Ini Daftarnya

Utilitas
1
Annissa Mutia 08/12/2022 13:40 WIB
Ruas Tol dan Tol Fungsional untuk Mendukung Nataru 2022-2023
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah menyelesaikan pembangunan jalan tol guna mendukung arus lalu lintas masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023. Kementerian PUPR menyiapkan 2 ruas jalan tol beroperasi dan 8 jalan fungsional.
 
Dua ruas jalan tol siap beroperasi adalah Jalan Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu Seksi Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 16,7 km dan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) Seksi Pamuluhan-Sumedang sepanjang 4,8 km dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km.
 
Operasional Tol Bengkulu-Taba Penanjung berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR No 988/KPTS/M/2022 tertanggal 25 Agustus 2022, sedangkan  operasional Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 berdasarkan Surat Dirjen Bina Marga No 0702-Db/1489 tentang Sertifikat Laik Operasi Bersyarat Jalan Tol Cisumdawu Seksi Pamulihan-Sumedang dan Seksi Sumedang-Cimalaka tertanggal 11 November 2022. 
 
"Untuk mendukung libur Natal dan Tahun Baru, Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan yang didukung dengan telah bertambahnya ruas jalan tol beroperasi, termasuk jalan nasional dengan kondisi mantap," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resminya, Rabu (7/12).
 
Berikut ruas tol pendukung kelancaran lalu lintas saat Nataru 2022:
1. Lubuklinggau-Curup-Bengkulu Seksi Bengkulu-Taba Penanjung 16,7 km
2. Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) Seksi Pamuluhan-Sumedang 4.8 km dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka 4,05 km
 
Berikut ruas tol fungsional untuk lalu lintas saat Nataru 2022:
1. Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A-Ujung  4,8 km
2. Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak  16,31 km
3. Jakarta-Cikampek Selatan Paket 3 Segmen Sadang-Kutanegara  8,5 km
4. Sigli-Banda Aceh Seksi 5 Balang Bintang-Kutobaru dan Seksi 6 Kutobaru-Simpang Baitussalam 5 km
5. Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ramp JC Wringinanom 7,5 km
6. Cinere-Jagorawi Seksi 3A Kukusan-Krukut  3 km
7. Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak 11,9 km
8. Kuala Tanjung–Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura 20,4 km
 
Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol Triono Junoasmono mengatakan berdasarkan progres konstruksi dan kondisi di lapangan, Yongki, panggilan akrab Triono Junoasmono menilai Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura sudah layak dilewati pengendara meski hanya sementara. Fungsionalisasi tol ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan pengguna jalan di saat liburan atau arus mudik Nataru nanti. 
 
“Secara prinsip Tol Tebing Tinggi-Indrapura ini akan coba kita fungsionalkan pada Desember 2022 untuk arus Nataru,” kata Yongki saat mendampingi Kunjungan Spesifik Komisi V DPR RI ke Sumatera Utara, Rabu (30/11). 
 
Selanjutnya Yongki mengatakan BPJT akan berkoordinasi dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait kepastian tanggal buka-tutup tol tersebut, termasuk kesiapan fungsional Tol Tebing Tinggi-Indrapura untuk mendukung arus mudik Nataru, seperti pembuatan posko bersama, penambahan gerbang tol, rest area, dan penambahan personel.

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.