Charta Politika: Elektabilitas PDIP dan Gerindra Bersaing, Partai Lainnya Tertinggal

Politik
1
Viva Budy Kusnandar 30/11/2022 14:20 WIB
Elektabilitas Partai Politik Pemilu 2024 Menurut Survei Charta Politika Indonesia
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Charta Politika merilis hasil Survei Nasional dengan tajuk “Persepsi Publik Kinerja Pemerintah dan Peta Elektoral Terkini” pada Selasa (29/11/2022).

Dalam survei yang dilakukan pada 4-12 November 2022, responden diberikan pertanyaan sebagai berikut, seandainya Pemilu legislatif untuk memilih anggota DPR RI dilaksanakan hari ini dan diikuti oleh partai politik yang ada dalam daftar, partai apa yang ibu/bapak pilih?

Hasilnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berhasil meraih dukungan terbesar, yakni mencapai 21,7% suara responden. Elektabilitas PDIP meninggalkan 17 partai politik lainnya.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menyusul di posisi kedua dengan dukungan 14,5% suara responden. Diikuti Partai Golongan Karya (Golkar) meraih elektabilitas sebesar 9,8% suara responden, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meraih dukungan 8,5% suara responden.

Dari 18 partai politik yang masuk daftar survei, hanya 8 partai yang mampu meraih dukungan di atas 4%. Sisanya 10 partai politik hanya meraih elektabilitas di bawah 4%. Adapula 13,1% resonden yang tidak menjawab (TJ) atau tidak tahu (TT).

Survei nasional Charta Politika yang dilaksanakan sepanjang 4-12 November 2022 melibatkan 1.220 responden yang tersebar di 34 provinsi. Pengumpulan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,83% dan quality control sebesar 20% dari total sampel.

(Baca: PDI Perjuangan Unggul di Banten pada Pemilu 2019)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.