Jokowi Resmikan Masjid Syeikh Zayed di Solo, Berapa Jumlah Fasilitas Ibadah di Kota Ini?

Demografi
1
Cindy Mutia Annur 15/11/2022 17:20 WIB
Jumlah Fasilitas Peribadatan di Kota Solo (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo, Jawa Tengah, telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan, pada Senin (14/11). Masjid yang dihibahkan pemerintah UEA tersebut merupakan bentuk replika dari masjid dengan nama yang sama di Abu Dhabi.

Maka dari itu, masjid ini juga memiliki desain yang sangat mirip dengan Grand Mosque di Abu Dhabi yang megah nan menawan. Meski begitu, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini tetap memiliki unsur-unsur budaya lokal, khususnya budaya Solo, dalam desain rumah ibadah yang satu ini.

Misalnya, penggunaan motif batik kawung pada marmer lantai dan pilar-pilar masjid. Pilihan karpet yang digunakan pun memiliki motif batik Solo.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah fasilitas peribadatan di kota Solo mencapai 1.094 unit pada 2021. Mayoritas fasilitas peribadatan terbanyak di kota ini berupa masjid sebanyak 666 unit.

Di samping masjid, kota Solo juga tercatat memiliki banyak musala, dengan jumlah sebanyak 209 unit.

Kemudian, terdapat sebanyak 185 gereja protestan di kota Solo. Lalu, terdapat 19 gereja katolik, 10 wihara, 3 pura, dan 2 klenteng di kota tersebut.

(Baca: Solo Kota Terpadat di Jawa Tengah pada 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.