Mendagri Titto Karnavian Lantik Penjabat Gubernur untuk 3 Provinsi Baru di Papua

Demografi
1
Viva Budy Kusnandar 11/11/2022 20:00 WIB
Jumlah Kabupaten/Kota di 3 Provinsi Baru di Papua (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik 3 orang Penjabat (Pj) Gubernur untuk 3 provinsi baru hasil pemekaran Provinsi Papua.

Ketiga Pj Gubernur tersebut adalah Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo, Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk, dan Pj Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo.

Ketiganya dilantik di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat pada Jumat (11/11/2022). Pelantikan didahului dengan pembacaan Keputusan Presiden nomor 115/P tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Provinsi Papua Selatan secara administrasi terbagi menjadi 4 kabupaten dengan Ibu Kota Kabupaten Merauke. Sementara Provinsi Papua Tengah terdiri dari 8 kabupaten dengan Ibu Kota Kabupaten Nabire, serta Provinsi Papua Pegunungan terdiri dari 8 kabupan/kota dengan Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya.

Dengan adanya wilayah baru dari hasil pemekaran di Provinsi Papua ini, maka Indonesia kini memiliki 37 provinsi. Ketiga provinsi baru tersebut adalah Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan.

(Baca: Indonesia Kini Punya 37 Provinsi, Cek Wilayah Sebarannya)

 

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua