Riset OECD: Kesehatan Mental Jadi Dampak Utama Pandemi Bagi Pendidikan

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Annissa Mutia 26/10/2022 16:46 WIB
Dampak Pandemi Terhadap Pendidikan Global (Survei 2021 dan 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pandemi Covid-19 memberikan dampak ke semua aspek kehidupan, termasuk pendidikan secara global. Riset The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) bekerja sama dengan UNESCO, UNICEF, dan Bank Dunia mengevaluasi dampak pandemi terhadap pendidikan di berbagai negara di dunia. Hasilnya, kesehatan mental siswa menjadi dampak paling besar.

Dari hasil evaluasi OECD, dampak pandemi pada kesehatan mental dan kesejahteraan siswa menjadi agenda evaluasi utama, lantaran 89% negara yang disurvei menyatakan dampak tersebut.

Selanjutnya, dampak pandemi berikutnya terkait efektivitas strategi pembelajaran jarak jauh. Sebanyak 70% negara mengevaluasi keefektivitasan pembelajaran jarak jauh.

Dampak penting lainnya dari Covid-19 adalah kesehatan mental guru, yang tercermin dari 69% negara mengevaluasi dampak pandemi terhadap pendidikan. Tidak hanya siswa, kesehatan mental para guru juga terganggu akibat pandemi dan sistem belajar jarak jauh.

Berikutnya, hubungan orang tua dan siswa juga menjadi dampak serius akibat pendidikan jarak jauh dan penutupan sekolah (48%) dan dampak noncognitif seperti ketertarikan belajar (48%).

(baca: Waspada Omicron XBB, Positivity Rate Covid-19 Jakarta Mulai Naik Lagi)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.