Konsumsi Daging Ayam Ras di Rumah Tangga Naik 8,62% pada 2021

Agroindustri
1
Cindy Mutia Annur 25/10/2022 09:40 WIB
Rata-rata Konsumsi Daging Ayam Ras di Rumah Tangga Indonesia (2018-2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Daging ayam ras merupakan salah satu jenis daging yang banyak dikonsumsi rumah tangga Indonesia. Selain mengandung protein tinggi, daging ayam ras juga mudah didapat dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang bertajuk Pola Distribusi Perdagangan Komoditas Daging Ayam Ras 2022, rata-rata konsumsi daging ayam ras di kelompok rumah tangga nasional mencapai 6,048 kilogram (kg) per kapita per tahun pada 2021. Realisasi ini meningkat 8,62% dibandingkan tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

"Peningkatan konsumsi tersebut dapat diimbangi dengan kapasitas produksi nasional yang juga secara konsisten meningkat," tulis BPS dalam laporannya.

Secara tren, rata-rata konsumsi daging ayam ras terus meningkat dalam empat tahun terakhir. Jika dibandingkan dengan tahun 2018, rata-rata konsumsi pada 2021 sudah naik 17,75%.

Angka yang tercatat di sini terbatas pada konsumsi rumah tangga, belum termasuk konsumsi daging ayam ras di rumah makan, warung, restoran, industri, hotel, dan kegiatan lainnya.

(Baca: Konsumsi Daging Ayam Warga RI Meningkat, Capai Rekor pada 2021)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.