Warga RI Lebih Suka Berteman di Facebook Ketimbang Medsos Lainnya

Teknologi & Telekomunikasi
1
Adi Ahdiat 23/10/2022 10:00 WIB
Responden yang Punya Teman/Pengikut Lebih dari 1.000 Orang di Media Sosial (Juli 2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan survei Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center (KIC), Facebook tampaknya mampu membuat penggunanya lebih banyak berteman ketimbang media sosial lain.

Dari sekitar 11 ribu orang yang disurvei, ada 30,8% responden yang memiliki teman/followers/subscribers lebih dari 1.000 orang di Facebook. Sedangkan responden yang memiliki teman dengan jumlah serupa di Instagram hanya 11,8%.

Proporsi responden yang punya 'banyak teman' di platform media sosial lainnya juga jauh lebih kecil, seperti terlihat pada grafik.

Bahkan Youtube tampaknya menjadi media sosial yang paling sulit digunakan untuk membangun pertemanan, karena responden yang punya 'banyak teman' di platform ini hanya 2,2%.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa setiap platform media sosial bisa memberi pengaruh tersendiri pada perilaku penggunanyaSemisal, orang bisa lebih terbuka dalam meminta atau menerima pertemanan di Facebook, namun berubah menjadi lebih tertutup di platform lain.

Survei ini dilakukan terhadap 11.305 responden yang tersebar di 34 provinsi Indonesia. Sebagian besar responden masih tergolong muda, dengan rincian 54% dari generasi milenial (23-38 tahun) dan 32,5% dari generasi Z (17-22 tahun).

Selain mencatat ragam perilaku pengguna media sosial, survei ini juga merekam persepsi masyarakat terkait pelindungan data pribadi. Laporan lengkap surveinya dapat diunduh di tautan ini.

(Baca: Ini Kegunaan Data Pribadi Konsumen bagi Pelaku Usaha Digital)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.