10 Negara yang Paling Mencemaskan Isu Korupsi, Indonesia Masuk Daftar

Demografi
1
Cindy Mutia Annur 18/10/2022 17:30 WIB
10 Negara yang Paling Mencemaskan Isu Korupsi Keuangan dan Politik (September 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Korupsi merupakan salah satu masalah yang banyak dicemaskan masyarakat global. Hal ini terlihat dari laporan survei IPSOS terbaru yang bertajuk What Worries the World.

Menurut laporan tersebut, korupsi berada di peringkat ke-3 dari 18 permasalahan yang paling dikhawatirkan masyarakat dunia, setelah inflasi dan kemiskinan/kesenjangan sosial.

Jika dirata-ratakan secara global, ada 26% responden yang menganggap korupsi keuangan dan politik menjadi masalah terbesar di negara mereka.

Responden yang paling banyak mencemaskan isu korupsi ini paling banyak berasal dari Peru dan Malaysia, dengan proporsi masing-masing 58%.

Indonesia juga termasuk negara yang paling cemas akan isu serupa dengan persentase kekhawatiran 52%. Diikuti oleh Afrika Selatan dan Hungaria dengan persentase masing-masing 48% dan 47%.

Di urutan berikutnya ada Thailand, Korea Selatan, Argentina, dan Kolombia dengan persentase kekhawatiran terhadap isu korupsi masing-masing 45%, 37%, 36%, dan 34%. Sementara India tercatat memiliki persentase kekhawatiran 28%.

Negara dengan kekhawatiran terendah terhadap isu korupsi keuangan dan politik dalam survei ini adalah Prancis dan Swedia. Kedua negara tersebut hanya memiliki persentase kekhawatiran masing-masing 8%.

Survei ini dilakukan IPSOS terhadap 19.524 orang responden yang tersebar di 29 negara. Survei dilakukan secara online selama periode 26 Agustus–9 September 2022.

(Baca: Ini Jenis Korupsi Terbanyak di Indonesia pada 2021)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.