Ini Jenis Data Pribadi Konsumen yang Banyak Diincar Industri

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Adi Ahdiat 17/10/2022 17:10 WIB
Jenis Data Pribadi Konsumen yang Dikumpulkan Pelaku Usaha Digital (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Di era big data ini, data pribadi konsumen adalah modal berharga bagi industri. Dengan mengolah data-data konsumen, industri bisa merancang produk dan strategi pemasaran sesuai minat pembeli, yang tentunya juga bertujuan untuk meningkatkan penjualan perusahaan.

Menurut survei Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center (KIC), jenis data pribadi yang paling banyak dikumpulkan pelaku usaha digital adalah nama, alamat, serta kontak ponsel atau e-mail konsumen.

Ada pula pelaku usaha digital yang mengumpulkan kartu identitas seperti KTP/KK/ijazah, data keuangan/perpajakan konsumen, riwayat kesehatan, serta riwayat pekerjaan dengan proporsi seperti terlihat pada grafik.

"Rata-rata pemilik usaha (74,8%) mengaku mengumpulkan hingga 1.000 data konsumen. Sebanyak 14,1% perusahaan menyatakan data pribadi yang dikumpulkan pada kisaran 1.001-10.000 data," ungkap Kemenkominfo dan KIC dalam laporannya.

Sebanyak 73,1% pelaku usaha digital yang disurvei mengaku menginformasikan tujuan pengumpulan dan penggunaan data konsumen. Sebanyak 64,2% pelaku usaha juga mengaku memberitahukan informasi kontak mereka kepada konsumen jika ada pertanyaan atau masalah terkait data.

Namun, hanya sebagian kecil perusahaan yang menyampaikan batasan penggunaan dan penyebaran data konsumen tersebut.

"Sosialisasi kebijakan data pribadi kepada konsumen pun masih minim, hanya 30,6% perusahaan yang melakukannya," ungkap Kemenkominfo dan KIC.

Survei ini dilakukan selama periode 26 Juli-31 Agustus 2021, dengan melibatkan 135 responden dari kalangan pelaku usaha digital yang tersebar di 14 provinsi Indonesia.

Seluruh responden telah memiliki/meminta/mengumpulkan data pribadi konsumen. Sebanyak 66,7% di antaranya bertatus pengelola atau manajer perusahaan, sedangkan 33,3% adalah pemilik atau manajemen level atas.

Untuk melihat hasil survei lebih lanjut, laporan lengkapnya dapat diunduh melalui tautan ini.

(Baca: Ini Lembaga yang Paling Mampu Lindungi Data Pribadi menurut Warga RI)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.