Kominfo Fokus Bangun Menara 4G, Ini Provinsi yang Miliki BTS Sinyal Terkuat Paling Banyak

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Annissa Mutia 06/10/2022 16:20 WIB
Banyaknya Desa/Kelurahan yang Memiliki Menara BTS Menurut Provinsi dan Penerimaan Sinyal Telepon Selular Terkuat 2021
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan ada 35.916 Base Transceiver Station (BTS) di seluruh desa atau kelurahan di Indonesia yang mempunyai penerimaan sinyal kuat. Wilayah Jawa mendominasi persebaran desa dengan jumlah BTS dengan sinyal kuat terbanyak.

Jawa Timur tercatat sebagai provinsi dengan jumlah desa yang memiliki menara BTS dengan penerimaan sinyal kuat terbanyak, yaitu tersebar di 4,665 desa atau kelurahan.

Provinsi Jawa Tengah berada di posisi kedua yang persebaran menara BTS-nya dengan sinyal kuat paling banyak, yaitu ada di sebanyak 4,501 desa dan Jawa Barat sebanyak 4,366 desa yang memiliki menara BTS.

Sementara itu, provinsi dengan jumlah desa yang memiliki menara BTS dengan penerimaan sinyal terkuat paling sedikit, yaitu Kalimantan Utara dengan 174 desa dan Sulawesi Barat 199 desa. 

Saat ini, pemerintah menargetkan penyediaan akses internet 4G di 9.113 titik wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) menggenjot pembangunan Base Transceiver Station (BTS) 4G.

"Sedangkan 5G lebih ke wilayah industri dan perkotaan yang akan dikejar,” ujar Direktur Infrastruktur BAKTI Kominfo Bambang Nugroho dalam kunjungan ke Site BTS 4G di Selong Belanak, Lombok Tengah, Rabu (5/10) seperti dikutip Katadata.co.id.

Ia mengatakan bahwa pembangunan menara BTS dikaji dari sisi bisnisnya. "Apalagi di desa-desa. Siapa yang pakai (5G)?" katanya.

OpenSignal melakukan analisis dengan cara memeriksa pengalaman seluler dunia nyata dari pengguna ponsel pintar atau smartphone di Indonesia pada jaringan 3G, 4G, dan 5G. OpenSignal kemudian membandingkannya satu sama lain dalam hal kecepatan unduh, unggah, pengalaman saat streaming video, dan bermain gim seluler multi-pemain.

Hasilnya, kecepatan unduh pengguna Indonesia rata-rata mencapai 64,3 Megabit per detik (Mbps) saat terhubung di 5G. Ini 3,9 kali lebih cepat dari 4G dan 10,8 kali lebih cepat dibandingkan 3G. Kemudian, pengguna gawai di Indonesia mengalami kecepatan unggah rata-rata 19,6 Mbps saat terhubung ke 5G, atau 2,6 kali lebih cepat dibandingkan saat terhubung ke jaringan 4G yang hanya 7,4 Mbps.

(baca: Telkomsel Juarai Kepemilikan BTS Terbanyak di Indonesia, Capai 237 Ribu BTS)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua