Survei Indikator: Prabowo-Erick Thohir Jadi Pasangan Ideal untuk Pilpres

Politik
1
Cindy Mutia Annur 03/10/2022 19:30 WIB
Elektabilitas 3 Pasangan dalam Bursa Pemilihan Calon Presiden & Wakilnya (September 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut survei Indikator Politik Indonesia, pasangan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir merupakan pasangan ideal dalam bursa calon presiden dan wakilnya.

Jika pemilihan presiden diadakan saat survei berlangsung, duet Prabowo-Erick Thohir berhasil meraih suara tertinggi yakni 37,3%.

Di urutan berikutnya ada pasangan Ganjar Pranowo-Puan Maharani dengan raihan suara 34,4%, kemudian Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil dengan raihan suara 10,8%.

Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro mengatakan, tingginya angka elektabilitas Prabowo-Erick Thohir lantaran keduanya mendapat penilaian positif dari masyarakat.

"Temuan survei ini menunjukan kedua figur tersebut dilihat sebagian besar publik sebagai pasangan calon saling melengkapi satu sama lain," ujar Bawono dikutip dari Republika, Senin (3/10/2022).

Menurut Bawono, latar belakang Prabowo-Erick Thohir juga memiliki andil besar dalam mempengaruhi pilihan publik. Latar belakang pengalaman di dunia militer yang dimiliki Prabowo Subianto dipersepsikan sebagai pemimpin tegas. Sedangkan, Erick Thohir memiliki latar belakang pengusaha yang sukses.

"Latar belakang sebagai tokoh partai politik Prabowo Subianto dilengkapi figur latar belakang nonpartai politik dimiliki oleh Erick Thohir," ujar Bawono.

Adapun survei ini dilakukan terhadap 1.220 responden di seluruh Indonesia melalui wawancara tatap muka pada 13-20 September 2022. Responden berusia 17 tahun ke atas atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Litbang Kompas: Elektabilitas Prabowo Teratas, Kalahkan Ganjar & Anies)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua