Batik Indonesia Laris di AS, Ekspornya Tembus Puluhan Juta Dolar

Perdagangan
1
Adi Ahdiat 02/10/2022 07:30 WIB
10 Negara Tujuan Ekspor Batik Terbesar Indonesia (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Kementerian Perindustrian, pada tahun 2021 Indonesia mengekspor batik senilai US$35,45 juta.

Negara yang membeli batik Indonesia paling banyak adalah Amerika Serikat (AS), dengan nilai ekspor ke sana mencapai US$24,7 juta.

Di urutan selanjutnya ada Inggris, Malaysia, Fiji, Thailand, Kanada, Jerman, Australia, Turki, dan Jepang dengan rincian nilai ekspor seperti terlihat pada grafik.

Adapun UNESCO telah menetapkan batik Indonesia sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity atau Warisan Budaya Tak Benda sejak 2009.

Batik dinilai punya banyak peran dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Bukan hanya sebagai pakaian sehari-hari, tapi juga sebagai busana dalam acara dan ritual-ritual penting.

"Bayi digendong dengan kain batik yang dihiasi simbol untuk membawa keberuntungan bagi anak, dan orang mati diselimuti batik pemakaman. Batik biasa digunakan di lingkungan bisnis, akademis, serta dipakai dalam upacara pernikahan, perayaan kehamilan, dan pertunjukan kesenian," jelas UNESCO dalam situs resminya.

Batik juga dianggap sebagai karya budaya yang merekam sejarah interaksi antara masyarakat Nusantara dengan bangsa-bangsa lain.

"Keragaman pola kain batik mencerminkan berbagai pengaruh, mulai dari kaligrafi Arab, karangan bunga Eropa, burung phoenix Cina, burung merak India atau Persia, hingga bunga sakura Jepang," papar UNESCO.

(Baca: Inilah Sebaran Perusahaan Batik di Indonesia, Jawa Mendominasi)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.