Inilah Sebaran Perusahaan Batik di Indonesia, Jawa Mendominasi

Demografi
1
Cindy Mutia Annur 30/09/2022 14:54 WIB
Jumlah Perusahaan Batik di Indonesia Berdasarkan Wilayahnya (2021*)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Batik merupakan salah satu seni budaya asli Indonesia yang telah diakui dunia. Organisasi Budaya Dunia (UNESCO) bahkan telah menobatkan batik sebagai warisan budaya tak benda milik Indonesia sejak 2 Oktober 2009 lalu.

Maka tak heran, ada banyak perusahaan batik yang terdaftar di Indonesia hingga saat ini. Menurut laporan Kementerian Perindustrian, ada sebanyak 2.951 perusahaan batik di Indonesia hingga 4 Februari 2021 lalu.

Jawa mendominasi jumlah perusahaan batik di tanah air. Jumlahnya sebanyak 2.631 perusahaan atau setara 89,15% dari total perusahaan batik di Indonesia.

Kemudian, Bali dan Nusa Tenggara tercatat memiliki 186 perusahaan batik yang terdaftar. Lalu, Sumatera dan Kalimantan mempunyai perusahaan batik masing-masing sebanyak 90 perusahaan dan 34 perusahaan.

Perusahaan batik yang berada di wilayah Sulawesi sebanyak 6 perusahaan. Sementara itu, wilayah Maluku dan Papua memiliki jumlah perusahaan batik paling sedikit yakni 4 perusahaan.

Berdasarkan provinsinya, Jawa Tengah tercatat sebagai provinsi dengan jumlah perusahaan batik paling banyak secara nasional yakni sebanyak 2.191 perusahaan. Diikuti oleh Jawa Timur sebanyak 176 perusahaan dan Bali sebanyak 183 perusahaan.

(Baca: Wisatawan yang Berkunjung ke Museum Batik Pekalongan Merosot dalam 3 Tahun Terakhir)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua