10 Kabupaten/Kota dengan Persentase Pemeriksaan Suspek per Minggu Tertinggi (Kamis, 29 September 2022)

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Agus Dwi Darmawan 01/10/2022 08:43 WIB
Kabupaten/Kota Terpilih dengan Persentase Pemeriksaan Suspek per Minggu Tertinggi
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dari rekapitulasi data Covid nasional, terdapat 178 kabupaten/kota yang secara agresif melakukan pemeriksaan persentase pemeriksaan suspek per minggu di atas rata-rata nasional. Data per Kamis, 29 September 2022, rata-rata pemeriksaan nasional tercatat 10,28 persen.Data pemeriksaan suspek ini dihitung berdasarkan jumlah orang suspek dan kontak erat dibandingkan dengan jumlah orang yang diperiksa di masing-masing wilayah yang kemudian dilaporkan ke Kementerian Kesehatan.

(Baca: Total Test Covid-19 Indonesia Urutan Ke-5 di Asia)

Urutan lima teratas dimulai dari yang terbesar adalah Simalungun, Tasikmalaya, Mandailing Natal, Pangandaran dan Balangan dengan masing-masing rasio 92,76 persen, 83,56 persen, 78,86 persen, 74,68 persen dan 70,59 persen.

Simalungun berada di urutan pertama. Dengan jumlah penduduk 877,71 ribu jiwa, persentase pemeriksaan suspek per minggu di tempat ini tercatat 92,76 persen. Adapun angka positive rate terakhir adalah 5,79 persen. Positive rate di wilayah ini naik dibandingkan persentase pada pekan sebelumnya.

Di urutan berikutnya Tasikmalaya. Dalam upaya menangkal pandemi Covid-19, persentase pemeriksaan suspek per minggu sebanyak 83,56 persen. Sedangkan untuk positive rate di wilayah ini tercatat 0,74 persen atau telah turun dibandingkan rasio pekan sebelumnya.

Kemudian, untuk pemeriksaan persentase pemeriksaan suspek per minggu di Mandailing Natal tercatat 78,86 persen, pemeriksaan sebanyak 74,68 persen di Pangandaran serta untuk pemeriksaan persentase pemeriksaan suspek per minggu di Balangan tercatat 70,59 persen.

Mengantisipasi dampak Omciron di berbagai wilayah, berdasarkan rekapitulasi data Covid nasional, terdapat 160 kabupaten/kota di Indonesia yang secara aktif melaporkan persentase pemeriksaan suspek per minggu harian dengan angka lebih tinggi dari sebelumnya. Sedangkan, 189 kabupaten/kota lainnya mencatatkan persentase pemeriksaan suspek per minggu lebih rendah dibandingkan pemeriksaan pekan sebelumnya.

(Baca: Daftar Kabupaten/Kota dengan Cakupan Vaksinasi Lansia Tertinggi di NTT (Rabu, 28 September 2022))

Wilayah di luar Jawa dengan rasio persentase pemeriksaan suspek per minggu tertinggi beberapa di antaranya adalah Simalungun, Mandailing Natal dan Balangan dengan masing-masing persentase pemeriksaan suspek per minggu yakni 92,76 persen, 78,86 persen dan 70,59 persen.

Meski penularan Covid-19 di sebagian wilayah telah turun, pemerintah mengimbau agar semua orang tetap ikut mengurangi transmisi Covid-19 dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Tak berkerumun dan mengurangi mobilitas turut berkontribusi menekan laju penularan virus corona.

Data Populer
Lihat Semua