10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Orang Ditest Covid-19 Terbanyak (Rabu, 28 September 2022)

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Agus Dwi Darmawan 30/09/2022 08:48 WIB
Kabupaten/Kota Terpilih dengan Jumlah Orang Diperiksa Seminggu Terakhir Terbanyak
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dengan meningkatnya laju Omicron di Indonesia, saat ini terdapat 145 kabupaten/kota yang secara agresif melakukan test Covid-19 seminggu terakhir di atas rata-rata nasional. Data per Rabu, 28 September 2022, rata-rata pemeriksaan nasional tercatat 143,46 orang per minggu.

(Baca: 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Orang Ditest Covid-19 Terbanyak (Selasa, 27 September 2022))

Urutan lima teratas dimulai dari yang terbesar adalah Karawang, kota Batam, Malang, Bandung Barat dan Jepara dengan masing-masing angka orang per minggu 973 orang per minggu, 953 orang per minggu, 947 orang per minggu, 922 orang per minggu dan 921 orang per minggu.

Karawang berada di urutan pertama. Jumlah orang diperiksa seminggu terakhir di tempat ini tercatat 973 orang per minggu. Adapun angka positive rate terakhir adalah 4,42 persen. Positive rate di wilayah ini naik dibandingkan rasio pada pekan sebelumnya.

Di urutan berikutnya kota Batam. Dalam upaya menangkal pandemi Covid-19, jumlah orang diperiksa seminggu terakhir sebanyak 953 orang per minggu. Sedangkan untuk positive rate di wilayah ini tercatat 1,99 persen atau telah turun dibandingkan rasio pekan sebelumnya.

Kemudian, Malang mencatatkan pemeriksaan 947 orang per minggu, Pemeriksaan jumlah orang diperiksa seminggu terakhir tercatat 922 orang per minggu serta Pemeriksaan jumlah orang diperiksa seminggu terakhir tercatat 921 orang per minggu.

Mengantisipasi dampak Omciron di berbagai wilayah, berdasarkan rekapitulasi data Covid nasional, terdapat 201 kabupaten/kota di Indonesia yang secara aktif melaporkan jumlah orang diperiksa seminggu terakhir harian dengan angka lebih tinggi dari sebelumnya. Sedangkan, 156 kabupaten/kota lainnya mencatatkan jumlah orang diperiksa seminggu terakhir lebih rendah dibandingkan pemeriksaan pekan sebelumnya.

(Baca: 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Spesimen Diperiksa Terbanyak (Selasa, 27 September 2022))

Wilayah di luar Jawa dengan angka jumlah orang diperiksa seminggu terakhir terbanyak beberapa di antaranya adalah kota Batam, kota Pekanbaru dan kota Bandar Lampung dengan masing-masing jumlah orang diperiksa seminggu terakhir yakni 953 orang, 864 orang dan 759 orang.

Meski penularan Covid-19 di sebagian wilayah telah turun, pemerintah mengimbau agar semua orang tetap ikut mengurangi transmisi Covid-19 dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Tak berkerumun dan mengurangi mobilitas turut berkontribusi menekan laju penularan virus corona.

Data Populer
Lihat Semua