10 Kabupaten/Kota dengan Persentase Pemeriksaan Suspek per Minggu Tertinggi (Sabtu, 24 September 2022)

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Agus Dwi Darmawan 26/09/2022 16:41 WIB
Kabupaten/Kota Terpilih dengan Persentase Pemeriksaan Suspek per Minggu Tertinggi
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di daerah, saat ini terdapat 165 kabupaten/kota yang secara agresif melakukan pemeriksaan persentase pemeriksaan suspek per minggu di atas rata-rata nasional. Data per Sabtu, 24 September 2022, rata-rata pemeriksaan nasional tercatat 10,41 persen.Data pemeriksaan suspek ini dihitung berdasarkan jumlah orang suspek dan kontak erat dibandingkan dengan jumlah orang yang diperiksa di masing-masing wilayah yang kemudian dilaporkan ke Kementerian Kesehatan.

(Baca: 10 Kabupaten/Kota dengan Persentase Orang Diperiksa per Minggu Tertinggi (Kamis, 22 September 2022))

Urutan lima teratas dimulai dari yang terbesar adalah Simalungun, Mandailing Natal, Pangandaran, Tasikmalaya dan kota Tidore Kepulauan dengan masing-masing rasio 92,53 persen, 81,31 persen, 81,06 persen, 79,8 persen dan 78,52 persen.

Simalungun berada di urutan pertama. Dengan jumlah penduduk 877,71 ribu jiwa, persentase pemeriksaan suspek per minggu di tempat ini tercatat 92,53 persen. Adapun angka positive rate terakhir adalah 5,05 persen. Positive rate di wilayah ini telah turun dibandingkan rasio pada pekan sebelumnya.

Di urutan berikutnya Mandailing Natal. Jumlah penduduk di wilayah ini tercatat 460,36 ribu jiwa. Dalam upaya menangkal pandemi Covid-19, persentase pemeriksaan suspek per minggu sebanyak 81,31 persen. Sedangkan untuk positive rate di wilayah ini tercatat 0 persen atau telah turun dibandingkan persentase pekan sebelumnya.

Kemudian, Pangandaran mencatatkan pemeriksaan 81,06 persen, Tasikmalaya mencatatkan pemeriksaan 79,8 persen serta kota Tidore Kepulauan dengan jumlah penduduk 101,62 ribu jiwa, pemeriksaan persentase pemeriksaan suspek per minggu tercatat 78,52 persen.

Mengantisipasi dampak Omciron di berbagai wilayah, berdasarkan rekapitulasi data Covid nasional, terdapat 171 kabupaten/kota di Indonesia yang secara aktif melaporkan persentase pemeriksaan suspek per minggu harian dengan angka lebih tinggi dari sebelumnya. Sedangkan, 168 kabupaten/kota lainnya mencatatkan persentase pemeriksaan suspek per minggu lebih rendah dibandingkan pemeriksaan pekan sebelumnya.

(Baca: Cakupan Vaksinasi Lengkap di Bener Meriah Menjadi yang Tertinggi di Aceh (Kamis, 22 September 2022))

Wilayah di luar Jawa dengan rasio persentase pemeriksaan suspek per minggu tertinggi beberapa di antaranya adalah Simalungun, Mandailing Natal dan kota Tidore Kepulauan dengan masing-masing persentase pemeriksaan suspek per minggu yakni 92,53 persen, 81,31 persen dan 78,52 persen.

Meski penularan Covid-19 di sebagian wilayah telah turun, pemerintah mengimbau agar semua orang tetap ikut mengurangi transmisi Covid-19 dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Tak berkerumun dan mengurangi mobilitas turut berkontribusi menekan laju penularan virus corona.

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.