Geser Samsung, Oppo Jadi Vendor Smartphone Teratas di Indonesia

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 21/09/2022 17:40 WIB
Pengiriman Smartphone di Indonesia (Kuartal II-2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan laporan International Data Corporation (IDC), Oppo menempati peringkat teratas dalam daftar 5 vendor smartphone terlaris di Indonesia.

Tercatat, pengiriman smartphone merek asal Tiongkok ini mencapai 2 juta unit sepanjang kuartal II-2022. Pangsa pasar Oppo di Indonesia juga tercatat naik dari 19,1% pada kuartal II tahun lalu, menjadi 20,6% pada kuartal II-2022.

Sementara itu Samsung tercatat mengirimkan smartphone sebanyak 1,9 juta unit pada kuartal II-2022. Kemudian Vivo mengirimkan 1,7 juta unit smartphone. Diikuti Xiaomi dan Realme yang mencatatkan pengiriman smartphone masing-masing sebanyak 1,5 juta unit dan 1,3 juta unit pada periode sama.

Secara kumulatif, jumlah pengiriman smartphone di Indonesia menurut IDC mencapai 9,5 juta unit pada kuartal II-2022. Capaian itu turun 10% secara tahunan.

Menurut IDC, meningkatnya biaya perjalanan mudik pada 2022 membuat masyarakat lebih sedikit menghabiskan uang untuk belanja barang elektronik atau smartphone dibanding tahun lalu.

"Selain itu, belanja konsumen bergeser ke area lain seperti makanan dan transportasi, seiring dengan aktivitas yang kembali normal. Kenaikan harga barang juga menambah tekanan pada pendapatan yang dapat dibelanjakan, memaksa masyarakat memprioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan primer," ujar Associate Market Analyst IDC Indonesia Vanessa Aurelia dalam siaran persnya, Senin (19/9/2022).

IDC memperkirakan pasar smartphone tidak akan mengalami peningkatan di semester II-2022 karena faktor ekonomi makro, seperti inflasi, pergerakan nilai tukar mata uang, peningkatan suku bunga, dan kenaikan harga bahan bakar yang mengikis daya beli konsumen.

"Kami memperkirakan pengiriman smartphone secara keseluruhan akan menurun pada tahun 2022," ujar Vanessa.

(Baca:  Salip Oppo, Samsung Rajai Pengiriman Smartphone di Indonesia pada Kuartal I 2022)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.