Ini Radio yang Paling Banyak Didengar di Indonesia

Teknologi & Telekomunikasi
1
Adi Ahdiat 14/09/2022 12:40 WIB
Stasiun Radio yang Biasa Diakses Responden (2020-2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Populasi pendengar radio di Indonesia tampaknya sangat sedikit. Menurut survei Kementerian Kominfo bersama Katadata Insight Center (KIC), dari 10.000 orang responden, yang biasa mengakses radio untuk mencari informasi hanya 4%.

Angka tersebut sama persis dengan proporsi konsumen media cetak, dan jauh tertinggal dari konsumen informasi media sosial yang proporsinya 73%.

Adapun stasiun radio yang paling banyak diakses menurut survei ini adalah Radio Republik Indonesia (RRI), dengan persentase 35,7% dari total responden pendengar radio tahun 2021. Sedangkan radio-radio lain proporsi pendengarnya jauh lebih kecil seperti terlihat pada grafik.

Selain paling banyak diakses, RRI juga menjadi stasiun radio yang paling dipercaya oleh responden. Sebanyak 40,6% responden pendengar radio lebih percaya pada RRI. Sedangkan tingkat kepercayaan terhadap stasiun radio lainnya berada di level 5% ke bawah.

Responden dalam survei ini tersebar di 514 kabupaten/kota di 34 provinsi Indonesia. Kriteria responden merupakan anggota rumah tangga berusia 13-70 tahun serta pernah mengakses internet dalam 3 bulan terakhir.

(Baca: Pangsa Pasar Iklan Radio dan Media Cetak Ambles pada Semester I 2022)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua