Apakah Warga RI Sering Cari Informasi di Internet? Ini Hasil Surveinya

Teknologi & Telekomunikasi
1
Adi Ahdiat 14/09/2022 11:00 WIB
Intensitas Penggunaan Internet untuk Mencari Informasi (Oktober 2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Internet menyimpan banyak informasi yang dapat berguna bagi keseharian masyarakat global, baik untuk keperluan bisnis, pekerjaan, pendidikan, maupun hiburan.

Adapun menurut laporan Survei Indeks Literasi Digital Indonesia yang dirilis Kementerian Kominfo bersama Katadata Insight Center (KIC), responden Indonesia yang sangat sering mencari informasi di internet (browsing) proporsinya hanya 12,2%, sedangkan yang sering mencapai 47,5%.

Kemudian 28,2% responden jarang melakukan aktivitas tersebut, 6,7% sangat jarang, dan masih ada 5,4% yang belum pernah browsing sama sekali.

Survei ini juga menemukan, masyarakat Indonesia pada umumnya sudah terbiasa menggunakan internet untuk mengakses media sosial.

Proporsi responden yang biasa menggunakan internet untuk komunikasi lewat aplikasi pesan singkat ada sebanyak 91,2%. Dan pengguna media sosial proporsinya mencapai 67,6%.

Responden yang terlibat dalam survei ini berjumlah 10.000 orang yang tersebar di 34 provinsi Indonesia. Kriteria responden merupakan anggota rumah tangga berusia 13-70 tahun serta pernah mengakses internet dalam 3 bulan terakhir.

(Baca: Seberapa Sering Warga Indonesia Belanja Online?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.