Survei: Ratu Elizabeth II Jadi Royal Inggris Paling Populer

Media
1
Annissa Mutia 09/09/2022 12:00 WIB
Anggota Keluarga Kerajaan Inggris yang Paling Disukai Rakyat Inggris2019-2022
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia di Istana Balmoral, Skotlandia, Kamis (8/9) waktu setempat. Ratu berusia 96 tahun itu mangkat setelah memimpin Inggris selama 70 tahun lamanya.

Menurut survei yang dilakukan di antara orang dewasa di Inggris Raya pada Mei 2022, mendiang Ratu Elizabeth menjadi anggota Keluarga Kerajaan Inggris yang paling disukai. Elizabeth mendapat dukungan 81% responden tokoh Kerajaan Inggris terpopuler.

Cucu Ratu, Pangeran William, dan istrinya Catherine (Kate Middleton), Duchess of Cambridge menjadi anggota Royal kerajaan Inggris favorit kedua dan ketiga, dengan peringkat positif bersih masing-masing 75% dan 70%.

Dibandingkan dengan jumlah orang yang memandang Ratu secara positif relatif tidak berubah, meskipun ada beberapa perubahan signifikan dalam opini publik untuk beberapa anggota Keluarga Kerajaan. Secara khusus, Pangeran Harry, yang sebelumnya pernah menjadi salah satu bangsawan paling populer, kini popularitasnya drastis menurun. Jumlah responden yang menyukainya turun dari 71% menjadi hanya 48% pada 2020, menjadi hanya 39% setahun kemudian.

Meskipun monarki mengalami pasang surut, Monarki Inggris tetap menjadi institusi Inggris yang sangat populer. Masyarakat Inggris semua kelompok umur menyatakan dukungan untuk kelanjutan monarki pada tahun 2018. Meskipun demikian, ada perbedaan dukungan dari kelompak usia warga Inggris. Dukungan dari warga usia 55 ke atas lebih besar dibandingkan penduduk yang berusia 18-24 tahun. Tercatat, sebanyak 77% penduduk berusia di atas 55 tahun mendukung Monarki Inggris, sedangkan dukungan dari orang berusia 18-24 tahun hanya 57%.

(baca: Ratu Elizabeth II Mangkat, Kapan Jadwal Pemakamannya?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua