Bukan Jakarta, Rumah Tangga di Provinsi Ini Punya Akses Telekomunikasi Tertinggi

Utilitas
1
Viva Budy Kusnandar 09/09/2022 10:30 WIB
10 Provinsi dengan Persentase Rumah Tangga yang Memiliki Pengeluaran Telekomunikasi Tertinggi (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Secara nasional, rumah tangga di Indonesia yang memiliki pengeluaran telekomunikasi mencapai 91,06% pada 2021. Sebanyak 9 provinsi, persentase rumah tangga yang memiliki pengeluaran telekomunikasi di bawah angka nasional.

Sementara itu, rumah tangga di 25 provinsi lainnya memiliki akses telekomunikasi di atas angka nasional. Rumah tangga di Kepulauan Riau memiliki akses telekomunikasi tertinggi secara nasional. Ini tercermin dari tingginya persentase rumah tangga yang memiliki pengeluaran telekomunikasi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) rumah tangga di Kepulauan Riau yang memiliki pengeluaran telekomunikasi mencapai 98,25% pada 2021. Artinya, hanya 1,75% rumah tangga yang tidak memiliki akses telekomunikasi pada tahun lalu.

Persentase rumah tangga yang memiliki akses telekomunikasi di Kepulauan Riau tersebut mengalakan DKI Jakarta yang sebesar 97,82%. Dengan angka tersebut persentase rumah tangga Ibu Kota yang memiliki pengeluaran telekomunikasi berada di posisi kedua nasional.

Posisi selanjutnya ditempati Kalimantan Timur dengan persentase 97,57%, Kalimantan Utara sebesar 97,34%, Riau sebesar 97,02%, Sulawesi Tenggara sebesar 95,07%, Sulawesi Selatan sebesar 94,74%, Sulawesi Barat sebesar 94,65%, dan Sumatera Utara serta Lampung masing-masing sebesar 94,56%.

(Baca: Kebocoran Data Sering Terjadi di 10 Sektor Industri Ini)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.