Ini Partai politik Pilihan Masyarakat Versi Survei LSI

Politik
1
Viva Budy Kusnandar 05/09/2022 18:00 WIB
Daftar 18 Partai Politik Pilihan Masyarakat Menurut LSI (Agt 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI perjuangan) masih diprediksi menjadi partai politik pilihan masyarakat jika Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif dilaksanakan pada saat survei (13-21 Agustus 2022). Prediksi tersebut dari hasil survei laporan Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Dalam simulasi semi tertutup 18 nama dan logo partai pada survei nasional LSI yang berlangsung pada 13-21 September 2021, PDI Perjuangan berhasil meraih dukungan 26,6% suara responden. Dukungan tersebut merupakan yang terbanyak dibandingkan dengan partai lainnya.

Partai lainnya yang mendapat dukungan responden terbesar berikutnya adalah Partai Golkar, yakni mencapai 11,7% suara, diikuti Partai Gerindra sebesar 9,9% suara, Partai Demokrat sebesar 8,7% suara.

Setelahnya ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan meraih dukungan 6,6% suara responden, kemudian Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebesar  6% suara, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebesar 4,2% suara, serta Partai Nasdem sebesar 4% suara.

Sementara terdapat 8 partai yang meraih suara kurang dari 1% suara seperti terlihat pada grafik. Ada pula 15,8% responden yang tidak menjawab (TJ)/tidak tahu (TT).

Survei nasional LSI melibatkan 1.220 responden yang tersebar di 34 provinsi. Pemilihan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Adapun margin of error dari ukuran sampel sebesar +/-  2,9% dengan tingkat kepercayaan mencapai 95%.

(Baca: Ini Perbandingan Perolehan suara PDI Perjuangan Sejak Pemilu 1999-2019)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.