Mayoritas Masyarakat Puas Terhadap Kinerja Presiden Jokowi

Politik
1
Viva Budy Kusnandar 26/08/2022 17:30 WIB
Persentase Tingkat Kepuasan Terhadap Kinerja Presiden Jokowi (Agt 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Mayoritas masyarakat puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ini merupakan temuan dari hasil survei nasional Indikator yang dilakukan pada 11-17 Agustus 2022.

Dalam paparan hasil survei “Persepsi Publik terhadap Kasus Sambo: Antara Penegakan Hukum dan Harapan Warga”, sebanyak 65% responden merasa puas terhadap kinerja Presiden Jokowi. Dengan rincian, sebanyak 51% responden merasa cukup puas dan 14% responen merasa sangat puas.

Sementara, ada 33,2% responden yang merasa tidak puas terhadap kinerja Presiden Jokowi. Rinciannya, 27% responden merasa kurang puas dan ada 8,2% merasa tidak puas sama sekali.

Berdasarkan gender, responden laki laki (base 50,6%) sebanyak 62,4% merasa puas terhadap kinerja Presiden Jokowi dan ada 35,5% yang merasa tidak puas.

Berdasarkan agama, mayoritas responden semua pemeluk agama puas terhadap kinerja Presiden Jokowi. Sementara menurut jenjang pendidikan, mayoritas responden dengan jenjang pendidikan dari SD hingga perguruan tinggi merasa puas terhadap kinerja Jokowi.

Adapun berdasarkan etnis, responden dengan etnis Jawa, Batak, Madura, Betawi, Melayu, serta etnis lainnya mayoritas puas dengan kinerja Presiden Jokowi dengan porsi di atas 50%. Sementara responden dengan etnis  Sunda, Minang, Bugis merasa tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi.

Survei Indikator melibatkan 1.229 responden yang tersebar di 34 provinsi tersebut berlangsung pada 11-17 Agustus 2022. Pemilihan sample menggunakan metode random digit dialing (RDD). Margi of error survei diperkirakan sekitar 2,9% dengan tingka kepercayaan 95%.

(Baca: Survei Litbang Kompas: Kepuasan Publik terhadap Kinerja Jokowi Turun, Terutama Kinerja Ekonomi)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.