59% Warga Puas dengan Kinerja Jokowi, Ini Alasannya

Politik
1
Monavia Ayu Rizaty 27/04/2022 14:30 WIB
Alasan Responden yang Puas terhadap Kinerja Presiden Jokowi (April 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut survei Indikator Politik, pada April 2022 ada sebanyak 59,9% responden yang puas terhadap kinerja Presiden Jokowi.

Di antara kelompok tersebut, mayoritas responden merasa puas karena menganggap Jokowi sering memberi bantuan kepada rakyat kecil (43,2%).

Ada juga responden yang puas karena kinerja Jokowi dalam membangun infrastruktur seperti jalan, jembatan, bendungan, dan lain-lain (25,2%), sikapnya yang merakyat (4,6%), kinerjanya yang sudah bagus (4,5%), dan mampu mengurangi kemiskinan (3,1%).

Di sisi lain, ada 38,6% responden yang merasa tidak puas karena berbagai alasan, mulai dari harga kebutuhan pokok yang meningkat, kurangnya keberpihakan pemerintah terhadap rakyat kecil, serta pemberian bantuan yang tidak merata atau tepat sasaran.

Sebagian responden lain tidak puas karena masih banyaknya pengangguran, kemiskinan tidak berkurang, utang negara semakin tinggi, dan kondisi politik yang tidak stabil.

Survei ini dilakukan pada 14-19 April 2022 dengan melibatkan 1.220 responden dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Responden dipilih menggunakan metode multistage random sampling, kemudian diwawancarai secara tatap muka. Margin of error survei ini sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca Juga: Charta Politika: Tingkat Kepuasan Publik terhadap Kinerja Jokowi Menurun)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.