Nielsen: Perusahaan Digital Habiskan Belanja Iklan Terbanyak pada Semester I 2022

Teknologi & Telekomunikasi
1
Reza Pahlevi 13/08/2022 15:20 WIB
Nilai Belanja Iklan Berdasarkan Kategori Produk (Semester I 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Nielsen mencatat belanja iklan mencapai Rp135 triliun pada semester I 2022. Sebagian besar belanja iklan tersebut dihabiskan oleh perusahaan digital.

Perusahaan digital menghabiskan Rp28,5 triliun untuk belanja iklan, naik 69% dari periode yang sama tahun lalu. Nilai ini jauh lebih tinggi dari belanja iklan kategori produk di posisi kedua.

Produk perawatan rambut menghabiskan belanja iklan sebesar Rp6,9 triliun. Belanja iklan naik 20% dari periode yang sama tahun lalu.

Lalu, produk perawatan muka menghabiskan belanja iklan sebesar Rp6,5 triliun dan produk bumbu masak menghabiskan belanja iklan Rp4,5 triliun.

Terakhir, pemerintah atau organisasi politik menghabiskan belanja iklan sebesar Rp4,4 triliun. Belanja iklan kategori ini meningkat 13% dari periode yang sama tahun lalu.

Nielsen menemukan perusahaan FMCG cenderung menggunakan televisi untuk belanja iklannya. Sementara, perusahaan-perusahaan e-commerce menggunakan media digital untuk belanja iklan.

(Baca: Daftar Media Sosial dengan Jangkauan Iklan Tertinggi di Dunia)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua