Pelecehan Seksual, Isu Utama yang Jadi Perhatian Generasi Muda Indonesia

Demografi
1
Vika Azkiya Dihni 12/08/2022 13:20 WIB
10 Isu Utama yang Menjadi Perhatian Generasi Muda Indonesia (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut survei Good News from Indonesia (GNFI) bersama Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), mayoritas atau 13,7% responden menyatakan isu utama yang menjadi perhatian generasi muda di tahun 2022 adalah pelecehan seksual.

Setelah pelecehan seksual, generasi muda menaruh perhatian besar terhadap berita hoaks, Tercatat, sebanyak 9,5% responden menyatakan penyebaran berita hoaks dan konten tidak bermanfaat. Lalu, 9,4% responden mengatakan permasalaham anak muda adalah lapangan pekerjaan yang semakin sulit.

Kemudian, sebanyak 8,4% responden mengatakan degradasi moral dan ideologi menjadi isu yang menjadi perhatian anak muda. Sementara, responden yang memberikan perhatian kepada isu partisipasi politik dan masalah interaksi dan toleransi di masyarakat masing-masing sebesar 7,1% dan 6,6%.

Isu lainnya yang menjadi perhatian generasi muda, yaitu partisipasi dalam politik, interaksi dan toleransi di masyarakat, kebijakan yang tidak pro-rakyat, masih adanya korupsi, meningkatnya kekerasan dan kriminalitas, hingga isu pro-lingkungan seperti iklim, polusi, dan global warming.

Untuk diketahui, survei ini diselenggarakan pada 7-22 Juli 2022 dengan menggunakan metode telesurvei kepada 906 responden Gen Z (17-24 tahun) dan Gen Y (25-40 tahun) yang tersebar di 11 kota besar di Indonesia dengan response rate sebesar 17,67%.

(baca: Survei KedaiKOPI: Generasi Muda Pesimis Soal Politik Hukum Indonesia di Masa Depan)

 

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.