Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap Bayi Usia 0-11 Bulan di 6 Provinsi Capai Target Renstra 2021

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Viva Budy Kusnandar 11/08/2022 10:18 WIB
Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap Bayi Usia 0-11 Bulan Menurut Provinsi (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kementerian Kesehatan melaporkan cakupan imunisasi dasar lengkap pada bayi usia 0-11 bulan nasional mencapai 84,2% pada 2021. Angka ini masih di bawah target rencana strategis (renstra) sebesar 93,6%.

Rendahnya capaian imunisasi dasar lengkap bayi pada tahun lalu disebabkan pelayanan pada fasilitas kesehaan tahun lalu dioptimalkan untuk pengendalian pandemi Covid-19.

Terdapat 17 provinsi dengan cakupan imunisasi dasar lengkap bayi 0-11 bulan yang berada di atas angka nasional. Ada pula 17 provinsi  dengan cakupan imunisasi di bawah angka nasional.

Terdapat 6 provinsi yang mencapai target renstra 2021, yakni Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten, serta Bengkulu. Cakupan imunisasi dasar lengkap bayi usia kurang dari 1 tahun di provinsi tersebut di urutan teratas secara nasional. Ini terlihat dari warna peta wilayah provinsi tersebut paling hijau dibandingkan dengan provinsi lainnya.

Sementara Aceh, Papua, dan Sumatera Barat tercatat sebagai provinsi dengan cakupan imunisasi dasar lengkap bayi terendah. Ini tercermin dari warna peta wilayah tersebut terlihat paling terang dibandingkan dengan provinsi lainnya.

(Baca: Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap pada Bayi 0-11 Bulan di Bawah Target)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua