Kematian karena Covid-19 di Afrika Seminggu 53 Jiwa, Tertinggi di Sudan

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Agus Dwi Darmawan 10/08/2022 08:31 WIB
10 Negara Terpilih dengan Persentase Kematian Mingguan Tertinggi di Afrika
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Statistik data Covid-19 di Afrika minggu ini sebagian besar negara sudah mencatatkan penurunan angka kematian, berbanding terbalik dengan kondisi sebelumnya di mana angka kematian masih terus terjadi. Pekan ini, tiga negara masih mencatatkan penambahan kematian dan 11 negara lainnya mencatatkan kematian namun dengan jumlah yang lebih kecil.

(Baca: Update Data Covid-19 Provinsi Hari Ini, Penambahan Terbanyak Ada di DKI Jakarta (Selasa, 09 Agustus 2022))

Secara persentase, lima negara teratas dengan penambahan kematian tertinggi yakni Sudan, Zimbabwe, Maroko, Seychelles dan Ghana. Total kematian di lima negara tersebut per Rabu, 10 Agustus 2022 sebanyak 32 jiwa dengan pertumbuhan mingguan di atas 0 persen.

Sudan mencatatkan penambahan kematian tertinggi di Afrika dengan pertumbuhan mingguan mencapai 200 persen. Di negara ini, Worldmeter mencatat jumlah kematian sebanyak tiga jiwa, bertambah dibandingkan pekan sebelumnya yang dilaporkan hanya satu jiwa.

Berikutnya adalah Zimbabwe yang mencatatkan kematian 50 persen lebih tinggi dibandingkan pekan lalu. Jumlah kematian di negara ini dilaporkan sebanyak enam jiwa lebih tinggi dibandingkan pekan sebelumnya yang tercatat empat jiwa, Maroko dengan kematian 21 jiwa (naik 16,67%), kematian di Seychelles turun 0% dan kematian di Ghana turun 0%.

(Baca: Kematian karena Covid-19 di Eropa Seminggu 4.669 Jiwa, Tertinggi di Bosnia dan Herzegovina)

Sedangkan bila dilihat dari jumlah laporan kematian, angka kematian tujuh hari terakhir tertinggi di Afrika terjadi di Maroko dengan 21 kematian. Laporan kematian di negara ini naik 16,67% dibandingkan pekan lalu. Selanjutnya dari jumlah yang terbesar Tunisia dengan kematian sembilan jiwa (turun 85,94%), Zimbabwe dengan kematian enam jiwa (naik 50%), Sudan dengan kematian tiga jiwa (naik 200%) dan kematian di Malawi tercatat tiga jiwa turun 50%.

Total kematian di Afrika selama tujuh hari terakhir tercatat 53 jiwa. Angka ini mencakup 0,38 persen kematian secara global yang diakibatkan oleh virus Covid-19 dengan jumlah mencapai 13.947 jiwa. Angka kematian di Afrika tercatat turun dibandingkan akumulasi tujuh hari sebelumnya dengan jumlah 140 jiwa.

Data Populer
Lihat Semua