Berapa Banyak Umat Islam Indonesia yang Taat Beragama?

Demografi
1
Adi Ahdiat 09/08/2022 16:20 WIB
10 Negara dengan Persentase Penduduk Muslim Taat Beragama* Terbanyak (2008-2017)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sebagian besar penduduk muslim Indonesia diperkirakan memiliki "ketaatan" atau komitmen beragama yang kuat.

Hal ini tercermin dari laporan riset The Age Gap in Religion Around the World yang dirilis Pew Research Center pada 2018.

Selama periode 2008-2017 Pew Research Center melakukan survei terkait "ketaatan" beragama di kalangan penduduk muslim dunia. "Ketaatan" ini salah satunya diukur melalui pertanyaan tentang seberapa penting agama bagi kehidupan responden.

Hasilnya, sebanyak 93% responden muslim di Indonesia menyatakan bahwa agama Islam memiliki peran sangat penting dalam hidup mereka.

Meski tergolong tinggi, ada beberapa negara lain yang meraih persentase di atas Indonesia. Di Ethiopia, misalnya, responden muslim yang menyatakan agama sangat penting bagi kehidupannya mencapai 99%.

Sejumlah negara lain yang memiliki persentase "ketaatan" lebih besar dari Indonesia adalah Ghana, Kenya, Thailand, Nigeria, dan Pakistan, dengan rincian seperti terlihat pada grafik.

"Secara umum, agama dinilai sangat penting dalam kehidupan penduduk muslim di Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Namun, agama dinilai kurang penting oleh muslim di Eropa dan bekas wilayah Uni Soviet," jelas Pew Research Center dalam laporannya.

(Baca Juga: Ada 2 Miliar Umat Islam di Dunia, Mayoritasnya di Asia)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.