Penumpang Bus di Jakarta Tembus 1 Juta Orang per Hari

Transportasi & Logistik
1
Dzulfiqar Fathur Rahman 08/08/2022 14:10 WIB
Jumlah Penumpang Harian Transportasi Umum di DKI Jakarta (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

DKI Jakarta memiliki beragam fasilitas transportasi umum yang rutin digunakan oleh ribuan sampai jutaan orang setiap harinya.

Menurut laporan Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta, Bus Raya Terpadu (BRT) Transjakarta dan bus umum jenis lainnya mengangkut sekitar 1 juta penumpang per hari. Terdapat setidaknya 179 trayek dan 1.869 armada bus yang melayani penumpang di Ibu Kota.

Kemudian angkutan kota Mikrotrans, yang menggunakan minibus, diperkirakan melayani 234.000 penumpang per hari dengan 2.022 armada dan 72 rute.

Moda Raya Terpadu (MRT), yang baru beroperasi di pusat kota, diperkirakan melayani 123.491 penumpang per hari. Ada setidaknya 16 armada yang masing-masingnya memiliki enam gerbong, untuk melayani lintasan sepanjang 16 kilometer (km).

Sedangkan Lintas Raya Terpadu (LRT), yang baru beroperasi di Jakarta Timur dan Utara, diperkirakan melayani 4.462 penumpang per hari. Terdapat setidaknya 8 armada yang melayani lintasan sepanjang 5,8 km.

Pemprov DKI menyatakan sedang berusaha memperbaiki layanan transportasi di Ibu Kota, termasuk dengan mengintegrasikan berbagai moda seperti kereta dan MRT. Salah satu percontohan integrasi ini terletak di Dukuh Atas, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

(Baca: Ini 10 Kota dengan Kenaikan Ongkos Angkutan Penumpang Tertinggi dalam Setahun Terakhir)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.