Pekerja Bebas Nonpertanian di Bogor, Depok, dan Bekasi Meningkat pada 2021

Ketenagakerjaan
1
Dzulfiqar Fathur Rahman 26/07/2022 14:10 WIB
Proporsi Pekerja Bebas Sektor Nonpertanian di Bogor, Depok, dan Bekasi (2019–2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Penduduk yang berstatus pekerja bebas di sektor nonpertanian Kota Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek) meningkat pada tahun lalu.

Pekerja bebas nonpertanian adalah seseorang yang bekerja pada orang lain/majikan/institusi yang tidak tetap (lebih dari satu majikan) di usaha nonpertanian dengan sistem upah harian atau borongan.

Usaha nonpertanian ini meliputi pertambangan, industri, listrik, gas dan air, konstruksi/ persewaan bangunan, tanah dan jasa perusahaan, jasa kemasyarakatan, sosial dan perorangan.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), proporsi pekerja bebas nonpertanian di Kota Bogor meningkat ke 6,8% pada tahun 2021 dari 4,86% pada tahun 2019.

Tren yang sama juga terlihat di Kota Depok. Pangsa pekerja bebas sektor nonpertanian naik ke 3,69% pada tahun 2021 dari 2,43% pada dua tahun sebelumnya.

Di Kota Bekasi, persentase pekerja bebas sektor nonpertanian meningkat ke 4,15% pada tahun 2021 dari 1,72% pada tahun 2019.

Peningkatan proporsi pekerja bebas ini menandai terjadinya pergeseran distribusi tenaga kerja ke sektor informal, seiring dengan kondisi perekonomian yang belum pulih dari pandemi Covid-19.

(Baca: Berapa Jumlah Pekerja Informal pada Februari 2021?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.