Toyota masih menjadi penguasa pangsa pasar penjualan mobil di Indonesia.
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan Toyota berhasil menjual 146,2 ribu unit mobil kepada konsumen selama semester I 2022.
Angka tersebut porsinya mencapai 31,42% dari total penjualan mobil ritel nasional, yang totalnya berjumlah 465,25 ribu unit pada paruh pertama tahun ini.
Di urutan kedua ada Daihatsu dengan penjualan mencapai 90,76 ribu unit (19,51%) pada kuartal I 2022.
Penjualan mobil Toyota dan Daihatsu yang sama-sama bernaung di bawah Grup Astra ini gabungannya mencapai 236,97 ribu unit atau lebih dari separuh penjualan mobil di dalam negeri.
Setelahnya ada Mitsubishi Motors yang berhasil menjual 55,69 ribu unit (11,97%), Honda 53,91 ribu unit (11,59%), dan Suzuki 41,06 ribu unit (8,83%).
Kemudian Mitsubishi Fuso berhasil menjual 17,43 ribu unit (3,75%), Isuzu 14,96 ribu unit (3,21%), Hino 12,59 ribu unit (2,7%), Wuling 10,72 ribu unit (2,3%), serta Hyundai–HMID 9,43 ribu unit (2,03%).
Adapun gabungan penjualan mobil merek lain-lainnya sebanyak 12,51 ribu unit (2,69%).
(Baca: Penjualan Toyota Land Cruiser Naik 2 Kali Lipat Periode Januari-Mei 2022)